Penyakit Penyerta Darah Tinggi

On Friday, August 2nd, 2013 By
Gejala Dan Penyakit Penyerta Darah Tinggi – Pada posting kali ini saya akan melanjutkan posting Gejala Dan Penyakit Penyerta Darah Tinggi yang sempat terdunda. Kali ini saya akan menyapaikan beberapa penyakit  penyerta darah tinggi yang saya ketahui sebagai berikut.
Penyakit Penyerta Darah Tinggi

1. Hiperfungsi Kelenjar Thyroid (hipertyroid).
Gangguan yang satu ini merupakan penyakit endokrin. Penyakit ini mengganggu metabolisme normal di dalam tubuh dan menyebabkan naiknya tekanan darah. Hipertyroid perlu ditangann secara serius.

2. Rematik
Penyakit rematik adalah sekumpulan gejala yang menyebabkan beranekar ragam, umumnya berhubungan dengan sistem imunitas tubuh. Sebagai penyebab rematik belum diketahui sampai sekarang. Rematik bisa datang mendadak dan baru pertama kalinya (akut), dapat pula berupa sakit sendi berulang (kronis).

Ada lebih dari 100 jenis penyakit rematik, dari yang ringan sampai dengan yang berat.

Misalnya, Rheumatoid arthritis  yang merupakan penyakit rematik paling ganas karena tidak hanya menyerang sendi namun juga menimbulkan cacat. Jenis rematik ini pun menyerang berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati, paru, limpa, jantung , mata, kulit, otot, saraf, pembuluh darah, dan sebagainya. Tentu saja akibat yang ditimbulkan dapat memberrberat kerusakan organ yang ditimbulkan oleh hipertensi.

3. Gout
Gout merupakan penyakit rematik yang dipengaruhi makanan. Makanan yang mempengaruhi antara lain: hati, limpa, ginjal, jeroan, otak, sardine, jantung, kerang, kacang-kacangan seperti kacang tanah, dan kedelai berikut olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kacang, serta sayur-sayuran seperti bayam, buncis, dan kembang kol. Sebaiknya makanan di atas tidak dikonsumsi karena banyak mengadung purine yang dapat menimbulkan gout.

Purine yang terdapat pada bahan makanan yang telah disebutkan di atas oleh tubuh akan dimetabolisir menjadi asam urat. Serangan rematik gout terjadi akibatkonsentrasi asam urat di dalam darah meninggi yang disebut hiperuricemia. Kadar asam urat yanng tinggi di dalam darah inilah yang banyak menimbulkan penyakit. Apabila mengendap di cairan sendi mengakibatkan sendi membengkak, warnanya kemerahan disertai rasa sakit yang hebat. Selain menyebabkan serangan rematik berulang, asam urat yang tinggi juga membentuk timbunan kristal urat di kulit yang disebut tophy, atau dapat mengendap di ginjal yang akan menjadi batu ginjal. Akibatnya, fungsi ginjal menurun dan ini akan memperberat kelainan yang disebabkan oleh hipertensi. Bila penderita gout juga mempunyai penyakit kencing manis maka kadar asam urat di dalam darah yang melebihi 6 mg/dl akan mempermudah terjadinya perlekatan trombosit pada pembuluh darah. Lubang pembuluh darah akan mengecil yanng akhirnya menyebabkan penyakit kardiovaskulaaar ateroklerotik.

4. Kadar Lemak Darah Tinggi (hiperlipidemia)
Kadar lemak darah yang tinggi akan menyebabkan berbagai penyakit. Satu di antaranya adalah penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung yang akan menyebabkan penyakit jantung koroner. Hipertensi akan menjadi lebih berat bila kadar lemak darah meninggi.

Demikianlah penyakit penyerta darah tinggi yang biasanya menyertai penyakit darah tinggi, jadi kita harus sebisa mungkin menghindari penyakit darah tinggi dengn cara menjaga pola makan, rajin olahraga, dan jangan terlalu sering makan makanan junk food. penyakit penyerta darah tingggi ini berbeda dengan penyakit komplikasi untuk mengetahi penyalit koplikasi darah tinggi akan saya posting dilain waktu.

Tags:

Penyakit Penyerta Darah Tinggi | Fa 32 | 4.5

Pictures of Penyakit Penyerta Darah Tinggi

blood pressure 1006791_640