Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

On Sunday, August 4th, 2013 By

Pada kesempatan kali ini  saya akan memposting dua  penyebab tekanan darah tinggi. Menurut pengobatan timur ( Chinese medicine  ), tekana darah tinggi disebabkan ketidak seimbangan Yin dan Yang pada organ hati (lever) dan ginjal. Oleh karena itu, dikenal ada dua  penyebab tekanan darah tinggi. Yang pertama disebabkan api hati berlebihan. Yang kedua disebabkan kekurangan air ginjal.

Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

       1.  Tekanan darah tinggi akibat api hati berlebihan
Tekanan darah tinggi akibat api hati berlebihan disebut juga tekanan darah tinggi akibat Yang hati berlebihan (liver-Yang domination hypertension) atau organ hati panas. Gejalanya berupa sakit kepala, pusing, wajah merah dan panas, mata merah, lidah merah berselaput kuning mengilap, nadi tegang atau kuat dan licin, mudah marah, tidur tidak nyenyak, gelisah, telinga berdenging, kaki lemah dan sembelit.
       2. Tekanan darah tinggi akibat kekurangan air ginjal
Tekanan darah tinggi akibat kekurangan air ginjal disebut juga tekanan darah tinggi akibat kekurangan Yin ginjal (kidney-Yin deficient hypertension) atau organ ginjalnya kering. Gejala yang di timbulkan diantaranya sakit kepala, pening, telinga berdenging, berdebar, susah tidur, lidah merah atau merah terang dan licin, nadi cepat dan kuat, pinggang pegal/ngilu, sering bermimpi, dan lemah syahwat (impoten).
Teori Yin-Yang adalah sebuah teori filsafah alamiah, yang menggunakan karakteristik Yin dan Yang untuk menerangkan sifaat, keadaan, dan gerak perubahan sesuatu dalam kehidupan, Ying dan Yang adalah dua sifat yang berlawanan. Segala sesuatu dalam alam semesta memilikinya.
Dalam kehidupan manusia, sehat merupakan keadaan dimana Yin dan Yang berada dalam keseimbangan. Sakit terjadi bila keseimbangan itu terganggu.
Air dan api merupakan contoh Yin dan Yang dalam kehidupan manusia. Kedua unsur ini akan menentukan temperatur badan dan kesehatan yang optimal. Air sifatnya statis (diam), mencari bagian terendah, dan dikaitkan dengan Yin. Api sifatnya dinamis (bergerak), progesif, dan dikaitkan denghan Yang. Jadi air dan api merupakan dua unsur yang berlawanan, tetapi berada dalam keseimbangan. Keadaan seperti ini disebut Yin dan Yang harmonis. Bila suatu saat timbul ketidak harmonisan Yin dan Yang, misalnya terjadi kekuranag Yin (air), maka hal tersebut menyebabkan meningginya Yang (api). Keadaan ini menimbulkan suatu penyakit.
Selain teori Yin dan Yang, Chinese medicine mengenal juga teori Cang-Ciang. Teori Cang-Siang adalah teori fenomena organ. Teori ini menguraikan tenteng fisoilogi (fungsi dan normal) dan patofisiologi (fungsi dan sakit) suatu organ ditinjau dari fenomena yang terdiri sebagai hasil pengamatan dan penelitian dengan mempergunakan teori Yin dan Yang dan teori pergerakan lima unsur sebagai dasar.
Berdasarkan teori cang-Siang, organ hati  berfungsi antara lain menyimpan dan mengatur pembagian darah, mengatur aliran dan keharmonisan Ci, mempengaruhi tondon untuk pergerakan dan , mempengaruhi mata, sifatnya menyukai hangat dan naik, mempengruhi mental seperti cepat emosi dan curiga, mempengaruhi tidur, dan sebagainya. Organ ginjal merupakan organ penyimpan dan pengatur Cing didapat dan pembentuk Cing kongenital, mepengaruhi peranakan (uterus), tulang, sumsum, serta organ ginjal juga menentukan daya konsentrasi, daya ingat, proses berfikir, kelincahan pergerakan, dan sebagainya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadinya penyakit tekanan darah tinggikarena adanya ketidak harmonisan Yin dan Yang menurut pengobatan timur (chinese medicine). Untuk menjaga kesehatan tubuh kita harus menjaga keseimbangan Yin dan Yang dengan cara rajin olah raga dan penuhi kebutauhan air dalam tubuh dengan cara minum air putih  3 liter perhari untuk laki-laki dan 2 liter perhari untuk perempuan.

Tags:

Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi | Fa 32 | 4.5

Pictures of Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

blood pressure 1006789_640