Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi

On Wednesday, March 5th, 2014 By

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi – Pada kali ini saya akan menulis artikel tentang penyebab rambut rontok plus cara atasi-nya. Pada artikel ini penyebab rambut rontok saya bagi menjadi dua yang pertama penyebab rambut rontok pada pria dan yang kedua penyebab rambut rontok pada wanita. Pola kebotakan atau Alopesia androgenik yang dialami kaum pria telah menyumbangkan lebih dari 95%  kerontokan rambut.

Pada saat menginjak usia 35 tahun, sebagian pria mengalami kerontokan rambut yang cukup parah, dan pada usia 50an sekitar 85% pria mengalami penipisan rambut. Berikut penyebab kerontokan rambut pada pria dilihat dari kasus kerontokannya, seperti dilansir Men’s Health.

 Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi

Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi

1. Kerontokan rambut yang konsisten
Untuk mempertahankan pertumbuhan rambut yang stabil folikel rambut membutuhkan nutrisi yang cukup. Bila Anda mengalami tingkat kerontokan yang lebih banyak dari biasanya selama 2 sampai 3 bulan berturut-turut, Mungkin Anda kekurangan zat besi, seng atau biotin yang menyebabkan rambut anada “Kelaparan” dan membutuhkan nutrisi yang cukup. Maka perhatikan pola makan Anda, Anda dapat mengonsumsi lebih banyak brokoli, bayam, dan telur untuk mencukupi nutrisi rambut Anda.

2. Daerah kebotakan terasa kasar atau bersisik
Jika daerah kebotakan terasa kasar atau bersisik ada kemungkinan anda terkena  infeksi jamur, tinea capitis. Untuk mengatasi hal ini gunakan shampo anti jamur untuk melawan jamur yang tumbuh pada kulit kepala Anda. Jika itu tidak bekerja, mintalah resep obat anti-jamur, seperti Lamisil.

3. Kerontokan rambut yang mendadak
Kerontokan ini penyebabnya adalah trauma fisik atau emosional. Efek kejutan pada telogen effluvium menyebabkan rambut berhenti tumbuh dan mulai rontok.

4. Daerah kebotakan terasa halus
Kerontokan ini disebabkan oleh genetik atau bisa juga karena stres. Berkonsultasilah pada dokter kulit dan dapat meminta suntikan kortikosteroid untuk mengatasi radang yang menyebabkan rambut Anda terus rontok.

Inilah penyebab kerontokan rambut pada pria. dan berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok pada wanit, seperti dilansir oleh All Women’s Stalk.

1. Diet
Diat dapat menjadi penyebab kerontokan rambut Anda. Jadi jangan melakukan diet secara ekstream. dan j angan diet yang membuat rambut dan kulit kepala Anda kekurangan nutrisi. Hal ini tidak hanya berdampak pada rambut Anda tapi juga dapat berdampak pada kesehatan dan berat badan Anda.

2. Gaya rambut
Sering mengubah gaya rambut juga dapat menjadi salah satu faktor rambut rontok. Jadi ketika ingin mengubah gaya rambut perhatikan kesehatan dan folikel Rambut Anda. Beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut Anda tertarik hingga akarnya dan membuat rambut menjadi lebih rapuh. misal gaya rambut ekor kuda. 

3. Keturunan
Keturunan bisa juga salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut. Dalam beberapa keluarga geny ang menyebabkan rambut rontok dapat diturunkan pada anal-anak mereka. Jika hal ini terjadi pada Anda tentu hal ini sulit diatasi. Hal ini bisa diketahui dengan berkonsultasi pada ahli kulit.

4. Bahan kimia
Bahan kimia dalam produk perawatan rambut dapat menjadi penyebab kerontokan rambut Anda. Jika Anda ingin mengunakan produk perawatan rambut dirumah maupun di salon pastikan produk yang digunakan tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia dapat menyebabkan rambut mudah rontok, lebih rapuh,dan mengganggu pertumbuhan folikel.

5. Hormon
Jika hormon dalam tubuh tak seimbang dapat berdampak pada rambut Anda. Rambut Anda akan mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, terkadang wanita hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon dapat mengalami rambut rontok yang cukup parah.

6. Stres
Stres merupakan penyebab rambut rontok yang banyak dialami banyak orang. Rambut menjadi lebih mudah rontok pada saat seseorang mengalami hal yang menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat-saat biasa.

Setelah mengetahui penyebab kerontokan rambut yang Anda alami, Anda sebaiknya menjaga pola makan sehat. Berikut ini merupakan makanan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala Anda.

  1. Tahu
  2. Sayur-sayuran hijau
  3. Kedelai
  4. Biji-bijian
  5. Produk susu
  6. Ragi
  7. Almond
  8. Susu
  9. Kacang-kacangan

Anda juga dapat mengatasi rambut rontok secara alami silakan baca disini Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami.  Dan jagalah kesehatan kulit kepala dan rambut Anda agar terlihat cantik. Terimakasih semoga bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi | Fa 32 | 4.5

Pictures of Penyebab Rambut Rontok Plus Cara Atasi

hair 248050_960_720