Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

On Thursday, May 22nd, 2014 By
Penyakit hernia: Penyebab, gejala, dan pengobatanHernia terjadi pada saat lapisan otot perut menjadi lemah. Akibatnya otot yang lemah bisa jatuh dan membentuk tonjolan. Biasanya pada daerah pangkal paha. Lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit hernia? Simak penjelasannya seperti yang dilansir dari Health Me Up oleh merdeka.com berikut.
Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Penyebab Penyakit Hernia 

Selangkangan merupakan titik lemah manusia, khususnya pria, karena pria mempunyai buah zakar yang membawa sperma. Sementasa itu berikut hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya serangan hernia:
  • Meningkatnya tekanan pada perut.
  • Adanya titik lemah pada perut.
  • Kombinasai dari kedua diatas.
  • Mengangkat beban yang berat.
  • Mengejang berlebih pada saat buang air.
  • Kehamilan.
  • Batuk atau bersin terlalu keras.
  • Kelebihan berat badan.
  • Adanya cairan dalam perut.ras

Tanda dan Gejala Hernia

Beberapa penderita mengalami gejala dan tidak mengalami gejala apapun. Mungkin terdapat tonjolan pada selangkang, terutama pada saat berdiri, tegagang dan batuk. Namun gejala-gelala yang jelas adalah sebagai berikut:

  • Rasa tak nyaman di pangkal paha saat membungkuk atau mengangkat
  • Adanya sensasi berat atau menyeret di pangkal paha
  • Adanya tonjolan di pangkal paha
  • Rasa terbakar dan nyeri di sekitar tonjolan
Dan berikut adalah gejala umum hernia  dilansir dari healthmeup.com.

Bengkak di perut yang terlihat
Ini merupakan gejala hernia yang umum dan mudah untuk dideteksi karena dapat terlihat. Nah jika Anda mengalami hal ini segera periksa kedokter untuk mengetahuinya lebih pasti.

Gangguan pencernaan
Hernia dapat menimbulakan gangguan pencernaan, diantaranya kesulitan dalam mencerna makanan, sembelit dan gangguana usus lainnya.

Rasa sakit di perut
Ada beberapa orang yang terkena hernia akan mengalami sakit pada perut yang parah, sehingga membutuhkan bantuan medis secepat mungkin.

Ketidaknyamanan di perut atau selangkangan
Selain sakit pada perut, hernia juga dapat menyebabkan rasa sakit pada selangkang yang dikenal dengan kondisi hernia  femoralis atau inguinalis. Rasa sakit ini muncul pada saat akan duduk atau membungkuk.

Gangguan saraf
Hernia dapat menyebabkan gangguana saraf yaitu rasa nyeri. miasal hernia inguinalis menyebabkan rasa nyeri pada kaki, labia (untuk wanita), atau skrotum (untuk pria).

Pengobatan Penyakit Hernia Secara Alami Tanpa Operasi

Kebanyakan penderita hernia harus dioperasi. Misal dengan bedah untuk memperkuat dinding perut, Namun hernia dapat diatasi tanpa operasi yaitu dengan cara melakuakn gerakan yoga sebagai berikut seperti yang dilansir Blodsky, oleh merdeka.com
Supta Vajrasana
Supta Vajrasana merupajan salah satu gerakan yoga yang dapat mengatasi hernia, gerakan ini melibatkan pundak, kepala dan siku, berikut cara melakukannya:

Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sarvangasana
Sarvangasana merupakan gerakan yang lebih sulit, berikut cara melakukannya:

Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Vipareetkarani Mudra
Gerakan vipareetkarani mudra hampir sama dengan sarvangasana. Namun pada gerakan yoga ini, tubuh dan kaki harus membentuk sudut 45 derajat dedangkan Sarvangasana  90 derajat, berikut cara melakukannya:

Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Halasana
Gerakan yoga ini dilakukan dengan berbaring telentang kemudian menempatkan bokong Anda ke samping. berikut cara melakukannya:

Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Inilah artikel penyakit hernia: penyebab, gejala, dan pengobatannya. Hernia memang umumnya ditemukan pada laki-laki dan anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga memiliki risiko serupa.

Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan | Fa 32 | 4.5

Pictures of Penyakit hernia: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

sx