Penyebab Meningitis dan Pencegahannya

On Tuesday, May 13th, 2014 By
Penyebab Meningitis dan Pencegahannya – Meningitis merupakan penyakit pada peradangan pada selaput otak. Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang menyerang selaput otak. Penyakit meningitis termasuk penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Namun Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat diatasi dan Anda harus selalu waspada terhadap penyakit ini.

Penyebab Meningitis dan Pencegahannya

Jenis Meningitis

Penyakit meningitis terbagi menjadi 3 golongan yaitu:

  1. Bacterial meningitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat mematikan. Jika terinfeksi bakteri jenis ini jangan sampai terlambat dalam memberi pertolongan.
  2. Viral meningitis. Penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus yang terkadang bisa berat dan ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya.
  3. Miningitis Kriptokokus. Penyakit meningitis ini disebabkan oleh jamur yang ada pada kotoran burung dan sebagainya.

Penyebab

1. Streptococcus pneumoniae (pneumococcus)
Bakteri ini merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis terbanyak pada anak-anak dan bayi. Bakteri ini juga dapat menyebabkan pnoumococcus dan juga infeksi pneumonia, rongga hidung dan tenggorokan.

2. Neisseria meningitidis (meningococcus)
Ini terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas yang kemudian bakteri mennginfeksi peredaran darah dan mencapai otak. Sengingga menyebabkan meningitis. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kematian dalam 1-2 hari.

3. Haemophilus influenzae tipe B (haemophilus)
Merupakan bakteri yang menebabkan infeksi salauranpernapasan bagian atas, sinusitis dan telinga bagian dalam. Infeksi yang disebabkan bakteri ini dapat ditangani dengan pemberian vaksin (Hib vaccine).

4. Listeria monocytogenes (listeria)
Bakteri yang ini dapat ditemukan di berbagai tempat, bahkan makananpun dapat terkontaminiasi oleh bekteri. Bakteri ini berasal dari hewan peliharaan dan makanan yang dapat terinfeksi bakteri ini antara lain keju, daging sandwich, dan hot dog.

5. Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis,
Merupakan bakteri lain penyebab penyakit meningitis yang juga dapat menebabkan sakit TBC.

Gejala meningitis:

Gejal meningitis timbul tergantung pada penyebabnya. Namun secara umum gejala meningitis dapat berupa demam, batuk, panas flu biasa namun disertai dengan kekakuan pada leher, muntah dan lain-lain. Pada anak-anak biasanya susah untuk diidentifikasi, namun biasanya anak menjadi rewel. Jika tanda-tanda muncul harus segera dibawa kedoter untuk mendapatkan pertolongan.

Pencegahan meningitis dengan vaksin.

Untuk mencegah terserang penyekit meningitis harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan hidup secara sehat. Bayi harus diimunisasi secara lengkap seperti vaksin Hib, IPD, dan MMR. Anak-anak harus diajrkan cuci tangan sebelum makan untuk melakukan pencegahan.

Demikianlah artikel penyebab meningitis dan pencegahannya semoga kesehatan Anda tetap terjaga, jangan lupa mengkonsumsi sayur dan bua-buahan untuk menjaga kesehatan Anda.

Tags:

Penyebab Meningitis dan Pencegahannya | Fa 32 | 4.5

Pictures of Penyebab Meningitis dan Pencegahannya

brain 1007686_640