Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Perkembangan Janin

On Monday, December 8th, 2014 By
Nutrisi Ibu Hamil Yang penting Untuk Perkembangan Janin – Memenuhi nutrisi untuk ibu hamil merupakan suatu hal yang penting untuk kesehatan janin dalam rahim. Ibu yang kekurangan nutisi dapat mengakibaatkan terganggunya perkembangan janin. Baik untuk kehamilan pada trisemester pertama, kedua maupun ke tiga. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi pada trisemester 1,2, dan 3 merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara rutin.
 
Pada saat sedang hamil seorang ibu banyak membutuhkan makanan yang mengandung kalsium yang mencapai 1500 mg/hari, jauh lebih banyak dibandingkan saat sedang tidak hamil yakni 1000 mg/hari.
 
Pada saat hamil seorang wanita perlu makan lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dan janin yang ada dalam rahim. Kehamilan dapat berpengaruh pada kesehatan fiik dan mental pada seorang calon ibu. Oleh sebab itu diperlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan memelihara perkembangan janin ahar tumbuh sehat sampai lahir nanti. Berikut tips memenuhi nutrisi ibu hamil pada trisemester pertama, kedua dan ketiga seperti yang dilansir dari elifmedika.com.

Nutrisi Ibu Hamil Yang penting Untuk Perkembangan Janin
 

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama (1) – (Minggu 1 s/d Minggu 12)

Kebutuhan Nutrisi Minggu 1 s/d Minggu ke-4

Pada periode kehamilan 1 sampai minggu ke-4, seorag ibu harus mengonsumsi nutrisi yang tinggi utnuk mencukupi kebutuhan kalori seorang ibu dan janin karena bertambah 170 kalori. Dengan mencukupi kebutuhan kalori membuat ibu hamil dapat menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung terbentuknya janin. Ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi 2000 kkal perhari pada trisemester pertama ini.

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-5 s/d Minggu ke-6

Setelah memasuki minggu ke-5 sampai ke-6 ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Untuk menjaga makanan tetap masuk dan tidak terganggu dengan rasa mual dapat disiasati dengan makan dalam porsi kecil namun sering.
 

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-7 s/d Minggu ke-8

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium untuk menujnag pembentukan tulang rangka janin yang berkembang pada periode ini. Kebutuhan kalsium Anda pada periode ini adalah 1000 mg/hari.

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-9 s/d Minggu ke-12

Pada minggu ke-9, pada minggu ini ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asm folat sebanyak 0,6 grm/hari, dan juga perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mendukung perkembangan jaringan tubuh janin, penyerapan zat besi dan , dan mencegah pre-eklampsia.
Pada minggu ke-10, Pada mingggu ini ibu hamil harus banyak mengonsumsi makannan yang mengandung bayak protein untuk mencukupi kebutuhan asam amino yang tinggi, asam amino berfungsi untuk membantu perkembangngan otak janin, ditambah kolinda n DHA untuk membentuk sel otak yang baru. 
 
Pada minggu ke-12, Pada minggu ini ibu harus memenuhi butuhan vitamin yang tinggu agar bayi tidak terlahir cacat. Vitamin yang dibutuhkan antara lain adalah vitamin A, B1, B2, B3, dan B6. Vitamin ini berfungsi untuk membantu perkembangan janin. Vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah pada janin, Vitamin C untuk membantu janin dalam menyerap zat  besi, Vitamin D untuk pembentukan tulang, Vitamin E untuk metabolisme dan perbanyak konsumsi makanan yang mangandung banyak zat besi. untuk menghindari anemia (kurang darah).

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua (2) – (Minggu 13 s/d Minggu 28)

Pada trisemester ke dua perkembangan janin sudah mengalami kemajuan dan perkembangan, sehingga kebutuhan nutrisinya pun meningkat.

Kebutuhan Nutrisi Minggu 13 s/d Minggu ke-16

Pada masa kehamilan ini jangan coba-coba makan coklat, minum kopi dan teh, karena makanan dan minuman tersebut mengandung kafein yang dapat beresiko mengganggu perkembangan saraf pusat janin yang sedang mulai berkembang. dan Ibu hamil perlu menambah asupan kalori sebanyak 300 kalori perhari untuk manambah energi yang dibutukkan dalam tumbuh kembang janin.|

Kebutuhan Nutrisi Minggu 17 s/d Minggu ke-23

Pada masa ini perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur untuk mencukupi cairan dan mencegah sembelit. karena pada massa kehamilan ini kebutuhan tubuh akan cairan meningkat. PAstikan minum air putih sebnyak 8-10 gelas perhari. Selain itu perbanyaklah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat bsei dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel darah merah baru , arena pada masa ini jantung dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang.

Kebutuhan Nutrisi Minggu 24 s/d Minggu ke-28

Pada masa ini batasan penggunaan garam pada makananm garam dapat memicu tekanan darah tinggi dan mencetus kaki bengkak akibat menahan cairan tubuh. Bila ibu ingin jajan diluar atau makan diluar, pilihlah yang bersih. Pilihlah makanan yang bayak karbohidrat dan bergizi serta bernutrisi lengkap, tidak berkadar lemak dan garam tinggi. Pada saat memasuki minggu ke 28 ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega3, yang berfungsi bagi pembentukan otak dan kecerdasan janin. Vitamin E tinggi sebagai antioksidan harus dipenuhi pula pada kehamilan minggu ke 28 in.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Ketiga (3)

Pada trisemester ini ibu hamil buth bekal energi yang cukup. selain untuk mengatasi beban yang semakin berat, juga sebagai cadangan enrgi pada saat persalinan. Oleh sebab itu pada masa ini memenuhi nutrisi yang cukup tidak boleh diabaikan. Pertumbuhan otak janin akan terjadi secara cepat pada dua bulan terakhir menjelang kelahiran. Oleh sebab itu jangan sampai kebutuhan nutrisi jangan sampai kurang.
 

Daftar Nutrisi Untuk Kehamilan Pada Trimester Ke-3

Berikut ini daftar nutrisi yang sebaiknya lebih diperhatikan pada kehamilan trimester keiga ini, tentu tanpa mengabaikan nutrisi pada zat gizi lainnya:
 
Kalori. Ibu hamil membutuhkan kalori sekitar 70.000 -80.000  (kkal), dengan bertambahnya berat badan yang mencapai 12,5Kg. pertambahan kaloripun dibutuhkan terutama pada saat memasuki usia 20 minggu kehamilan terakhir. Pertambahan kalori ibu hamil perhari adalah 285-300 kkal/hari. Kalori dibutuhkan untuk perkembangan janin dan plasenta serta menambah volume darah, cairan amnion (ketuban). Selain itu digunakan juga untuk cadangan pada saat kelahiran.
 
Vitamin B6 (Piridoksin). Vitamin ini berfungsi untuk menjalankan reaksi kimia di dalam tubuh yang melibatkan enzim. Dan untuk membantu metabolisme lemak, asam amino, karbohidrat dan pembentukan sel darah merah serta pembantukan  neurotransmitter (senyawa kimia penghantar pesan antar sel saraf). Semakin berkembang otak janin, semakin meningkat pula kemampuan untuk mengantarkan pesan. Angka kecukupan vitamin B6 bagi ibuhamil adalah sekitar 2,2 miligram sehari.
 
Yodium. Yodium dibutukkan untuk pembentukan senywa tiroksin yang berfungsi mengontrol setiap metabolisme sel baru yang terbentuk. Jangan sampai kekurangan zat ini karana dapat mengakibatkan perkembangan otak janin terganggu dan terhambat serta janian dapat tumbuh kerdil dan sebaliknya jika berlebih janin akan tumbuh melampoi ukuran normal, maka perhatikanlah asupan yodium kedalam tubuh pada saat hamil. Angka yang ideal untuk konsumsi yodium adalah 175 mikrogram perhari
 
Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (B2) dan Niasin (B3). Deretan vitamin ini berfungsi untuk memabantu mengatur metabolisme sistem pernapasan dan energi. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Tiamin sekitar 1,2 mg/hari dan Niasin 11mg/hari
Air. merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk membantu pertkembangan sel-sel baru, mengatur suhu tubuh, melarutkan danmengatur proses metabolisma zat-zat gizi, serta mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan. 
 

Demikianlah Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Perkembangan Janin, semoga bermanfaat dan semoga Terlahir dengan sehat dan sesuai dengan harapan Anda.

Tags:

Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Perkembangan Janin | Fa 32 | 4.5

Pictures of Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Perkembangan Janin