10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh

On Tuesday, March 3rd, 2015 By
10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh – Rumout laut, merupakan tanaman yang tumbuh di bawah laut yang dapat bermanfaat memberikan asupan nutrisi untuk kebutuhan harian tubuh kita. Sekitar 17.5 cangkir untuk wanita dan 21 cangkir untuk pria. Menurut Departeman Pertanian AS. Seperti kebanyakan sayuran lainnya, Rumput laut rendah kalori, seperti rumput laut mentah yaitu wakaname misalnya, yang mengandung kurang dari 20kalori. Sehingga rumput laut bermanfaat untuk kesehatan Anda. Sayuran laut atau rumput laut menyediakan beberapa sumber nutrisi penting. Berikut manfaat rumput laun untuk kesehatan seperti yang dilansir manfaat.co.id:
 1. Vitamin K 
Rumput laut mengandung Vitamin K, nutrisi yang dapat larut dalam lmak. Vitamanin K bermanfaat untuk trombosit. Trombosit merupakan jenis sel yang berfungsi sebagai pembekuan darah pada saat luka. Vitamin K, membantu mengirim sigbak kimia ke pada tombosit untuk mengumpulkan dan membentuk penggumpalan darah. sehingga luka dapat kering dengan cepat dan menghentikan darah yang keluar. Asupan Vitamin K harian yang direkondesikan adalah 90 mikrogen untuk wanita maupun pria, dan beberpa rumput laut dapat memenuhinya. 1 porsi rumput laut yang sarat dengan kalsium lebih dari manfaat brokoli dan hampir sama seperti protein pada kacang-kacangan.
 10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh
 2. Kalsium 
Rumput laut kaya akan kalsium. Kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang untuk Anda yang masih dalam masa pertumbuhan dan juga bermanfat untuk menguatkan tulang menjaga kekuatan gigi. Kalsium juga membantu otot-otot dan membantu komunikasi el dan berkontribusi dalam fungsi sistem saraf.
 3. Zat Besi 
Ada beberapa jenis rumput laut yang juga mengandung zat besi. Zat besi ini membentu tubuh dalam menghasilkan energi yang diperlukan tubuh dalam manjalankan aktifitas sehari-hari selain it zat besi juga berperan untuk menyehatkan sistem peredaran darah dengan meningkatkan sirkulasi daah ke seluruh tubuh, selan itu zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, kekurangan zat besi dapat meyebabkan anemia defisiensi besi, suat kondisi dengan gejala energi yang menurun, kulit pucat dan juga berakibat sesak nafas. Rumput laut dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda dengan kebutuhan untuk pra 8 miligram dan wanita 18 miligram. Selain itu rumput laut juga mengandung Vitamin A dan B12.
 4. Seret Alami 
Rumput laut mengandung serat yang disebut dengan alginat serat ini dapat ditemukan dibeberapa jenis rumout laut, yang bermanfaat bagi tubuh manusia dalam proses pencernaan makanan den membantu mengurangi penyerapan lemak. Sebuat studi yang dipimpin oleh ilmuwan Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University mengungkapkan bahwa rumout laut dapat mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75%. Setat juga membantu anda merasa lebih kenyang lebih lama dan lebih cepat. Rumput laut dapat berguna bagi Anda yang sedang mejanlanka diet untuk menguangi berat badan.
 5. Asam Lemak Omega 3 
Tubu manusi juga membutuhkan lemak baik untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Rumput laut mengandung asam lemak sehat yaitu omega 3. The Dr, Oz Swow situs mencatat bahwa selembar rumput laut nori berisi sejumlah asam lemak omega 3. Jenis lemak ini dapat memabantu meninkatkan kadar kolestrol HDl yang sehat dan menurunkan kadar lemak LDL yang dapat membahayakan lesehatan tubuh. Omega 3 juga bermanfaat mengurangi peradangan dalam tubuh.
 6. Yodium 
Rumput laut sama sepertu sayuran lainnya yang mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Menurut situs Best Health, 1 gram rumout laut dapat memenuhi kebutuhan Yudium harian Anda. Mineral ini sangat penting untuk fungsi tiroid sehat. Selain itu rumput laun coklat yang disebut dengan kombu berisi fucoxanthin pigmen, yang bermanfaat membentu metabolisme lemak dalam tubuh.

 Manfaat Rumput Laut Yang Baik Bagi Tubuh 

Manfaat rumput laut lainya untuk kesehatan tubuh sebagai berikut:
  1. Mencegah Pengeroposan TulangSeperti yang sudah dijelaskan diatas, rumout laut mengandung kalsium, zat ini berperan penting untuk memperkuat tulang dan membantu pertumbuhan tulang pada masa pertumbhan. Kandungan kalsium dalam rumput laut lima kali lebih banyak dibanding kan dengan susu. Bagi perempuan yang sudah di usia lanjut, sangat baik mengonsumsi rumput laut untuk mencegah osteoporosis.
  2. Mencegah Kanker Rumput Laut mengandung vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah gejala kanker, selin itu juga dapat membantu merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh Anda.
  3. Menurunkan Berat badan
    Rumput laut kaya akan serat, serat bermanfaat membuat lebih cepat kenyang dan bertahan lama sehingga dapat mengurangi porsi  makan Anda. dan dapat membantu mengurangi brat badan. Rumput laut sangat cocok untuk diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  4. Dapat mengurangi gejala penyakit hipertensi Penggunaan garam ternyata dapat diganti dengan butiran-butiran ekstrak rumput laut. Konsumsi garam yang dikurangi akan menjadikan tekanan lebih stabil sebagai terapi bagi penderita gejala penyakit hipertensi.
Demikinlah 10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh. Indonesi merupakan negara dengan luas lautan yang mencapai hingga 75% sehingga Indonesi merupakan Negara yang kaya. Namun sayang, pemanfaatan kekayaan laut di Indonesi sangat kurang. Rumput laut sendiri merupakan jenis tumbuhan algae yang tidak memiliki batang, daun ataupun akar. Bentuknya beraneka ragam tergantung jenisnya, yang memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkonsumsinya.

Tags: ,

10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh | Fa 32 | 4.5

Pictures of 10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh

10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh