14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan

On Tuesday, April 21st, 2015 By
14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan –  Ikan bawal merupalan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari di Indonesia Ikan bawal atau ikan Marukoban memiliki banyak kandungan gizi yang banyak, meskipun dari segi peminat ikan bawal masih kalah dengan ikan tuna dan ikan lele. Namun jika anda mengaku sebagai pencinta seafood Anda harus mencoba salah satu ikan air tawar ini.
14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan
Dari hasil penelitian terakhir di Jepang Food Reseacrh Laboratories mengungkapkan bahwa kandungan Omega 3 dalam ikan bawal merupakan yang tertinggi, yaitu mencapai 2,56gram lemak omega 3, Asam lemak omega 3 merupakan salah satu asam lemak esensial. Dan Omega 3 merupakan salah satu gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Ikan bawal hitam memiliki nutrisi yang berbeda yaitu Omega 3 dan juga Omega 6 AA. Kandungan lain yang vital antara lain Vitamin A, B1 dan Vitamun D. Dari kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan bawal dapat dipastikan Ikan bawal memikiki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan Berikut dan khasiat  Manfaat ikan bawal untuk kesehatan tubuh manusia seperti yang dilansir manfaat.co.id

 14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan

1. Pertumbuhan Otak Anak
Ikan bawal bermanfaat untuk perkembangan otak anak, zat yang berperan dalam hal ini adalah kandungan DHA dan EPA yang memiliki respon positif untuk neuron kognitif pada anak. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipaparkan pada 29-30 Juni 2011 saat Kongres ISSFAL (International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids) di Stockholm.
2. Mencegah Stroke
Omega 3 memiliki manfaat mencegah dan mengobati serangan panyakit stroke. Kandungan yang mempu menurunkan emulsi stroke hingga 21% dan menurunkan keparahan stroke hingga 50%. Bukan hanya mampu menobati stroke Omega 3 juga mampu meningkatkan funsi sel otak dan mengurangi peradangan saraf yang dibenarkan oleh Dr. Rajiv Chowdhury, bahwa mengkonsumsi ikan dua sampai empat porsi sehari mampu menghindari resiko stroke.
3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Omega 3 juga memiliki kemampun lain yaitu mengurangi resiko serangan penyakit jantung. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh penempelan bercak atau bintik-bintik pembuuh darah. Nah disinilah asam linoleat atau omega 3 berperan untuk mngontrol penempelan bercak darah tersebut. 
4. Mengontrol Kadar Kolesterol
Penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai mancam penyakit, Untuk itu Anda perlu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda, Anda dapat mengontrolnya dengan mengonsumsi ikan bawal. Hal in dikarenakan ikan bawal menganduung Omega 3 yang dapat membantu mengontrol kadar koleterol dalam darah.
5. Menu Diet yang Pas
Ikan bawal bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani program diet, hal ini dikarenakan ikan bawal tidak mengandung karbohidrat dan kalori, Bahkan kaya protein yang berfungsi memperbaiki jaringan yang rusak. dan lagi protein yang tergantung dalam ikan cepat di olah.
6. Mengatasi Anemia
Ikan bawal bermanfaat mengatasi Anemia hal ini disebabkan karena ikan bawal kaya akan zat besi yang berperan membantu prombakan dan pembentukan hemoglobin. Hb ini lah  kenormalan eritrosit (sel darah merah), yang sangat membantu bagi yang memiliki penyakit anemia.
7. Membantu Pertumbuhan Tinggi
Ikan bawal juga dapat membantu Anda tumbuh tinggi dengan cepat, bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan dan menginginkan badan yang tinggi Anda dapat mencoba mengonsumsi iakn bawal secara rutin. Kandungan vitamin D dalam ikan bawal ini lah yang membantu merangsang pertumbuhan sehingga dapat tumbuh tinggi.

8. Memperkuat Ketahanan Tubuh
Kandungan kalsitriol pada Vitamin D yang dihasilkan ikan bawal bermanfaat untuk sistem immune modulator. Nutrisi ini berguna untuk Anda yang memiliki kekebalan tubuh yang kurang dan mudah terserang flu, demam, batuk, pilek maupun sakit kepala.

9. Mengurangi Resiko Kanker Payudara
Ikan bawal juga bermanfaat mencegah kanker payudara.

10. Menjaga Tetap Awet Muda

Ingin terkihat awet muda dan tetap Cantik, Anda dapat memanfaatkan ikan bawal untuk mendapatkannya. Ikan bawal mengandung vitamin D yang dapat membantu meremajakan sel kulit, sehingga sel kulit menjadi lebih segar dan sehat. Bahkan jenis Vitamin D2 dan D3 mampu mengurangi resiko penyakit kulit seperti psoriasis.

11. Pengobatan Osteomalacia

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang jaringan tubuh manusia. Penyebabnya adalah ketidaknormalan fungsi jaringan ketika mengalami proses pembantukan mineral pada tulang. Akibatnya tulang menjadi mudah patah dan lemah, yang biasanya terjadi pada usia dewasa, solusinya adalah mengonsumsi ikan bawal yang mengandung Vitamin D dan sinar matahari pagi.

12. Mencegah Rakhitis

Seperti osteomalacia yang menyerang dewasa, rangkitis merupakan penyekit tulang yang dapat menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan Vitamin D dan mineral tulang. Sehingga menyababkan pertumbuhan tulang terganggu. Yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan tidak kokoh. Dengan mengonsusmsi makanan yang kaya akan Vitamin D dapat membantu mengatasinya misalnya ikan bawal dan berjemur dibawah matahari pagi.

13. Mengurangi Resiko Demensia
Mengonsumsi ikan setiap hari dapat mengurangi kemungkinan penyakit demensia. Salah satu jenisnya adalah Alzheimer. Penyakit ini menyerah ingatan atau memori karena mengalami degradasi sel otak. Unutuk mengurangi resiko tersebut dapat mengonsumsi makanan yang mengadung zat omega 3 (DHA dan EPA). yang mempu menstimulus jaringan dan sel otak.

14. Mengurangi Depresi
Konsumsi ikan bawal setiap hari mampu mengurangi resiko depresi. Depresi dapat disebabkan  rendahnya asam lemak omega 3. Sehingga dengan mengonsumsi ikan bawal setiap hari, gizi asam lemak tersebut selalu terpenuhi.

Demikianlah  14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan yang dapat Anda dapatkan Nutrisinya dengan mengonsumsi ikan bawal.

Tags: ,

14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan | Fa 32 | 4.5

Pictures of 14 Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan

fish 968829_960_720