6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

On Monday, April 20th, 2015 By
6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan – Ikan lele dalam bahasa latin disebut dengan Clarias. Ikan lele memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Ikan lele merupakan jenis ikan ari twar yang mudah dijujmpai di pasar harganya pun cukup terjangkau. Ikan lele dapat memberi efek positif untuk ibu hamil dan janin maupun untuk pertumbuhan balita, Selain itu ikan lele sangat baik untuk kesehatan jantung, yang dikarenakan ikan lele merupakan ikan yang tinggi protein dan rendah lemak. Ikan lele yang banyak dijual dipasar merupakan jenis ikan lele Clarias Batrachus L, karena mengandung lebih banyak daging. Berikut manfaat ikan lele untuk kesehatan seperti yang lansir manfaat.co.id.
6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan
1. sumber Protein
Ikan lele merupakan salah satu iklan yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20%. Protein dalam ikan lele memiliki keistimewaan, yaitu protein dalam ikan lele bukan hanya menambah protein dalam tubuh namun juga sekaligus sebagai pelengkap mutu proten yang ada dalam menu makanan Anda. Dalam protein ikan lele terkandung asam amino esensial, metionin dan leusin dengan kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan susu dan daging. Hampir 80%  ikan air tawar mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusin merupakan zat yang berguna membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan  dan perombakan otot. Lisin berperan sebagai pendukung pertumbuhan anak, dan juga berguna dalam proses penyembuhan penyakit herpes yang akan menjadi kerangka untuk niasin.
 
2. Kaya Phospor 
Ikan lele memiliki kandungan fosfor sebanyak 168mg/100g, lebih tinggi dari pada telur yang hanya 100mg. Phosfor bermanfaat untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati
 yang menjadi penujang kesehatan gigi dan gusi serta membentu sistesis DNA, serta membantu proses penyerapan/ pamakaian kalsim. Phospor juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sebab berguna sebagai pembentuk tulang pada janin. Jika asupan phospor pada ibu hamil kurang, dapat menyebabkan janin mengambil phospor dari tulang sang ibu, dan ini merupakan salah satu penyebab osteophorosis.
3. Kesehatan Kardiovaskuler

Kalium dan natrium dalam ikan lele berbanding 24,5 : 1 yang tergolong tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kardio dan juga bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah dalam tubuh Anda. syarat makanan baik untuk jangtung Adalah jika perbandingan kalium pebih tinggi daripada natrium lebih dari 5 : 1, Kalium bermanfaat untuk 

  • Melancarkan kadar keseimbangan cairan dalam tubuh.
  • Pembersih CO2 dalam darah
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Pemicu simpul sarafa dan kerja otot
  • Dalam kadar tinggi melancarkan suplai Oksigen menuju otak.
4. Rendah lemak
Ikan lele memiliki lemah yang bersifat sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini  bayak terdapat pada bagian perut, terutama pada bagian bawah ikan yang terdapat hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat komplek. Karena randahnya lemak yang terkandung dalam ikan lele maka kolesterol secara tak langsung tidak ikut terlelan.
5. Kaya Omega 3
Ikan lele bermanfaat manbantu perkembangan otak janin pada ibu hamil, dan juga penting untuk perkembangan fungsi pengelihatan dan saraf pada bayi.
6. Sumber Protein Pendek
Ini berakibat daging lele lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh Anda dan  aman untuk sistem pencernaan tubuh.
Demikianlah manfaat ikan lele untuk kesehatan, yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan Phospor, dan Omege 3-nya yang sangat tinggi yang manjadikan ikan lele dapat memenuhi gizi untuk janin dan ibu yang sedang hamil.

Tags:

6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan | Fa 32 | 4.5

Pictures of 6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan

6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan