11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

On Friday, May 15th, 2015 By
11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan – Walaupun dinamakan terong buah yang satu ini tidak memiliki bentuk dan rasa yang sama dengan terong yang yang sebenarnya, yaitu terong hijau atau terong ungu yang memiliki bentuk panjang dan kerep dijadikan sayur. Buah ini disebut terong belanda karena dikenalkan oleh orang Belanda, walaupun disebut terong belanda bauh ini sebenarnya berasal dari daratan Amazon di benua Amerika dan sangat jauh dari negeri Belanda.Karakteristik Terong Belanda
Terong belanda memiliki bentuk seperti buah sawo dan memiliki warna merah keunguan jika sudah matang sedangkan yang masih muda berwarna hijau dan kelamaan akan berubah menjadi kuning dan pada akhirnya berubah menjadi merah keunguan. Daun buah ini juga memiliki bentuk yang unik. Rasa buah terng belanda ini asam dan biasanya dikonsumsi langsung, dan lebih sering diolah menjadi jus atau campuran es atau sop buah.
 11 Manfaat Terong Belanda untuk KesehatanImage By: Fibonacci | CC 3.0| wikipedia
Terong belanda atau dalam nama lating disebut Solanum Betaceum mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Dan berikut manfaat terong belanda seperti yang dilansir manfaat.co.id :
1. Dapat menyegarkan tubuh
Terong belanda merupakan buah yang memiliki rasa asam, dan rasa asam merupakan rasa yang dapat menyegarkan tubuh, sehingga apabila anda sedeng tidak bersemangat Anda dapat mencoba buah terong belanda ini, dengan cara dijus dengan tambahan es batu yang akan menambah kenikmatannya.

2. Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
Terong belanda juga dapat membantu dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan terong belanda mengandung Vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu zat yang ikut berperan dalam mempertahankan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Sehingga tubuh menjadi:
  • Lebih sulit terserang penyakit
  • Selalu merasa fit
  • Tidak mudah merasa lelah
3. Mencegah munculnya kanker
Kanker merupakan penyakit yang mengerikan dan mematikan, Nah untuk menghindari dari penyakit ini Anda dapat mencoba mengonsumsi Terong belanda. Ini disebabkan karena terong belanda mengandung zat lycopen (likopen) yang berguna menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit kanker.4. Memperbaiki sel DNA yang rusak
Terong belanda juga dapat membantu tubuh dalam memperbaiki sel-sel DNA yang rusak, sehinga dapat berfungsi dengan normal lagi.

5. Sebagai antioksidan

Terong mengandung antioksidan selain  lycopene yang dapat menangkal radikal bebas. dan sangat berguna bagi tubuh. Antioksidan juga bermanfaat untuk:
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah munculnya berbagai maca penyakit
  • Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
6. Menjaga kesehatan mata
Terong berlanda juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Ini dikarenakan terong belanda mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan Vitamin A dalam terong belanda dapat membenuhi kebutuhan harian Vitamin A Anda. selain itu Vitamin A juga bermanfaat untuk:
  • Mencegah katarak
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kualitas penglihatan mata
  • Mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, dan silindris
7. Menyembuhkan sariawan
Seperti halnya buah lain yang mengandung Vitamin C, terong belanda juga dapat membantu penyembuhan sakit sariawan. Selain itu vitamin C juga dapat membantu pencegahan terhadap munculnya sariawan pada rongga mulut.8. Meredakan panas dalam
Pada saat Anda mengonsumsi makanan pedas atau panas dan merasakan perih pada tenggorokan berarti Anda terkena panas dalam. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencoba mengonsumsi terong belanda dengan cara dibuat jus.9. Menjaga dan melancarkan proses pencernaan
Terong belanda juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare dan lainnya. masalah tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi jus terong belanda. Ini dikarenakan terong belanda kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi resiko penyakit dan gangguan pada sistem pencernaan.

10. Mengobati penyakit maag
Jika Anda memiliki penyakit maag, maka terong belanda dapat Anda jadikan untuk mengatasi masalah Anda tersebut. Terong belanda dapat meredakan sakit maag secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingg dapat membantu mengurangi gejala sakit maag yang dialami serta mencegah kambuh kembali.

11. Mencegah anemia
Terong belanda juga mengandung zat besi, sehingga dapat membantu dalam pencegahan anemia. Pada 100grm terong belanda mengandung 0,4-0,9mg zat besi. Anemia memiliki gejala seperti :

  1. Rentan terhadapa penyakit
  2. 5L (letih, lesu, lemah, lunglai, lemas)
  3. Tidak bersemangat dalam beraktivitas
Itulah 11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags:

11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan | Fa 32 | 4.5

Pictures of 11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

11 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan