12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh

On Wednesday, May 13th, 2015 By
12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh – BUah duku memiliki ukauran yang kecil dan seringh dijadikan buah pencuci mulut. Buah duku yang masih mentah berwarna kehijauan dan memikiki rasa yang asam. Selain dijadikan sebagai pencuci mulut buah duku biasa dijadikan sebagai selai, isian puding, dan olahan makanan lainnya. Buah duku yang matang memiliki ciri kulit kuning dan rasanya manis, namun jika Anda menggigit biji akan terasa pahit walaupun berukuran kecil buah duku memiliki barbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat buah duku bagi kesehatan yang patut anda ketahui seperti yang dilansir dari manfaat.co.id:
12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh
Image by: Sakurai Midori | CC 2.1| wikipedia

1. Sumber Antioksidan

Buang duku memiliki kandungan vitamin C yang memiliki peran sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri memiliki peran manjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan juga memiliki peran mencegah kerusakan tubuh dari polusi dan zat-zat beracun lainnya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah duku juga memiliki peran untuk kecantikan, yaitu mencegah kulit agar tidak mengalami penuaan dini. Penuaan dini dapat disebabkan oleh radikal bebas. Dengan kandungan vitanin C pada duku dapat membantu tubuh dalam mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.Vitamin C juga memiliki peran melindungi lipid, karbohidrad dan asm nukleat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polusi maupun zat-zat beracun.

3. Menguatkan Gigi

Buah duku mengandung fosfor, Zat ini dapat membantu tubuh untuk membuat gigi dan tulang menjadi kuat dan sehat.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi yang sehat dapat dirawat dengan aspan vitamin C, seperti buah duku yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat diguanakan untuk menjaha kesehatan gusi.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan salah satunya memperkuat sistim kekebalan tubuh dan duku merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik, sehingga buah ini sangat cocok untuk orang yang sedang dalam masa pemulihan.6. Menurunkan Berat Badan
Jika Anda sedang menurunkan berat badan Anda dapat mencoba mengonsumsi buah duku untuk membantu menurunkan berab badan Anda. Buah duku dapat membantu tubuh dalam mendapatkan  carnitine. Carnitine merupakan zat yang berperan dalam proses pembakaran lemak dengan cara mengarahkan molekul lemak kejaringan pembakaran. Molekul lemak ini harus diperhatikan untu Anda yang sedang menurunkan berad badan, Molekul lemak berperan sebagai sumber energi kekurangan zat ini dapat menyebabkan lelah dan kekurangan energi. Sehingga, jika carnitine dalam tubuh berkurang akan terjadi penimbunan lemak.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah duku dapat membantu melanarkan sistem pencernaan. Selain itu buah duku dapat mencegah kanker pada saluran pencernaan kandungan klori pada duku lebih banyaj dibandingkan dengan buah apel dan jeruk manis.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi duku dapat menbantu tubuh dalam menjaga kesehatan kulit. hak ini dikarenakan buah duku mengandung Vitamin E, selain itu vitamin E juga memiliki manfaat untuk :

  •     Mencegah penuaan dini
  •     Menjaga kulit dari sinar UV
  •     Membantu penyembuhan luka
  •     Menghaluskan serta melembutkan kulit
  •     Menjaga kelembaban kulit

9. Mengendalikan Kadar Kolesterol
Buah duku dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, sehingg Dengan rajin mengonsunsi buah duku dapat menghindarkan Anda dari penyakit- penyakit berbahanya seperti jantung, stroek dan lainnya.

10. Mengatasi Diare dan Demam

Buah duku dapat juga mengobati diare dan juga bermanfaat untuk menurunkan pansa dan demam tinggi. carannya sebagai berikut :

  •     Ambil biji buah duku
  •     Tumbuk bijinya sampai halus
  •     Campurkan dengan air
  •     Minum sehari satu kali.

11. Mengusir Nyamuk
Bukan hanya buahnya kulit buah duku juga dapat digunakan untuk mengusir nyamik atau serangga lainnya. Caranya mudah, yaitu Bakar kulit buah duku

12. Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit

Buah duku tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kulit seperti  menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, hingga mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Carany:

  •  Gosokan kulit buah duku pada bagain kulit yang gatal/berjerawat

Itulah 12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh kita. Jadi sudah tidak alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Tags: ,

12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh | Fa 32 | 4.5

Pictures of 12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh

12 Manfaat Buah Duku Untuk Tubuh