12 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya

On Friday, May 22nd, 2015 By
12 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya – Buah nangka merupakan buah seba guna selain dapat dimasak buah nangka juga dapat dimakan langsung jika sudah matang. Buah nangka yang sudah matang biasanya dijadikan sebagai campuan es buah atau dapat juga dimakan langsung. Buah nangka memiliki aroma yang khas yang dapat mengundang selera makan. Selain enak buah nangka memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. berikut manfaat buah nangka untuk kesehatan seperti yang dilansir manfaat.co.id.

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Nangka merupakan buah yang kaya akan kalori, namun kandungan gula dalam buah nangka merupakan gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang dapat diubah langsung manjadi energi Sejumlah nutrisi lain yang terkandung dalam buah nangka adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, serta mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor dan seng. Sehingga buah nangka sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil
  1. Dalam setiap 100 g buah nangka terdapat kalori sebanyak 95 kalori. Buah dengan daging yang lembut dan mudahuntuk dicerna dan kandungan gula yang sederhana. dapat langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Namun jika dimakan terlalu banyak dapat menimbulkan gas dalam perut.
  2.  Nangka kaya akan serat, sehingga manjadikan buah nangka sebagai pecahar yang baik. Serat buah nangka dapat memberi perlindungan pada selatup lendir usus dan cara mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus. Sehingga buah nangka juga dapat menjadi pencegah terjadinya kanker usus.
  3. Nangka Segar mengadung sedikit Vitamin A, dan pigmen flavonoid seperti zanthine, karoten-b, leutein dan cryotoxanthin-b. zat-zat ini secara bersamaan berperan sebagai antioksiadan dan dapat mengoptimalkan pengelihatan. Vitamin A juga dibutukkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit.
  4. Selain itu buah nangkan juga mengandung Vitamin C yang dapat berperan sebagai antioksidan, sekitar 13,7 mg atau sebanyak 23% dari RDA. Mengonsumsi makanan yang mangandung Vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga dapat melawan sel degenaratif yang dapat menyababkan kanker.
  5. Buah nangka kaya akan kalsium, zat besi, magnesium dan mangan. Kalium merupakan zat yang penting, zat ini dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

    Manfaat Buah Nangka Untuk Ibu Hamil

    Buah nangaka kaya akan Vitamin B-KOmpleks, selain itu nangak juga mengandung Vitamin B-6, asam folat, riboflafin, dan niasin yang baik untuk ibu yang sedang hamil.

    Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan

    Nangka memiliki rasa yang enak dan eksotis, namun sering kali kita membuang bijinya, padahal biji buah nangka tingka akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Biji nangka matang atau juga dikenal dengan sebutan beton ini dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu. Berikut manfaat biji nangka untuk kesehatan seperti yang dilansir dari manfaat.co.id:

    1. Tinggi protein – Biji buah nangka kaya akan protein. Biji nangka dapat juga ditambahkan pada masakan sebagai pengganti kacang.
    2. Mengatasi gangguan pencernaan -Biji nangka bubuk dapat dijadikan sebagai obat gangguan pencernaan. cara membuatnya keringkan biji nangka dan kemudian giling samapai halus.
    3. Menyehatkan Rambut – Biji nangak dapat melancarkan peredaran darah. peredaran darah yang lancar dapat memberikan dampak positis pada rambu, sehingga rambuat dapat tumbuh dengan sehat dan baik.
    4. Mencegah kerusakan rambut – Vitamin A merupakan vitamin yang dapat berperan mencegah kerusakan pada rambutt. dan biji nangka merupakan salah satu sumber vitamun A yang baik yang dapat mencega rambut kering dan rapu.
    5. Melawan Keriput – Masukan biji nangka kedalam susu selama sehari, lalu giling biji nangka sampai halus, dan gunakan bubuk biji nangka sebagai masker. Hal ini diyakini dapat menghilangkan keriput hanya dalam 4/5 minggu jika dilakukan secara rutin.
    6. Mendapatkan kulit mulus – Carany sama dengan cara melawan keriput pada kulit

Demikianlah 12 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya, semoga bermanfaat. terimakasih

 

Tags:

12 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya | Fa 32 | 4.5

Pictures of 12 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya

Manfaat dan Khasiat Buah Nangka dan Bijinya