12 Manfaat Daun Seledri

On Tuesday, May 19th, 2015 By
12 Manfaat Daun Seledri – Daun seledri merupakan bumbu masaka yang sering digunakan untuk menambah rasa sedap pada masakan tertentu. Aroma yang khas dapat memberikan kenikmatan tersendiri pada setipa masakan, daun seledri juga sering dijadikan hiasan masakan cepat saji untuk mempercatikan tampilan masakan. Daun seledri tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagi hiasan masakan atau penyedap mamsakan namun daun seledri memiliki khasiat lain diantaranya untuk tubuh dan kecantikan, serta untuk hal yang lain juga, Nah berikut manfaat daun seledri untuk kehidupan manusia seperti yang dilansir dari manfaat.co.id:
Manfaat Seledri
  1. Seledi merupakan salah satu tanaman herbal yang memiki kalori yang randah. pada 100grm  seledri hanya  terdapat 16 kalori dan mengandung serat non larut yang apabila dikonsumsi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat menurunkan berat badan.

  2. Seledri juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti  lutein, zae xanthin dan bera karoten yang dapat melindungi tubuhd dari radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan jug dapat mencegah serangan penyakit kanker.
  3. Seledi juga merupakan sumber Vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata, selain itu zat ini juga berperan untuk menjaga selaput lendir dan kulit.

  4. Selain mengandung Vitamin A seledri juga mengandung Vitamin C, folat, riboflavin dan juga niasin yang berperan untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap optimal.
  5. Daun dan biji seledri mengandung minyak atsiri yang mencakup limonene, terpen dan humulene. Akan tetapi aroma khas yang dikelurkan seledri berasal dari senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.

  6. Minyak atsirio dan extrak seledri sudah digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain titu bagia akar dan biji seledri memiliki sifat diuretik (dapat membuang kelebihan air dalam tubuh melalui urine), stimulan, tonik dan galactogogue(sekresi bantuan ASI.
  7. Kalium – Kalium merupakan elektrolit dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh dan menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu kalimun juga berperan sebagia pemecah karbohidrat, dan membantu dalam pembentukan otot dan protein. Pada 1 porsi jus seledri mengandung 1.050 grm kalium, yaitu 22% dari asupan kalium yang dianjurjan untuk perempuan dan laki-laki

  8. Kalsium – Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selaint itu kasium berperan sebagai pembantu dapam pengiriman informasi melelui saraf fdan membentu pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Asupan Kalsium yang dianjurkan dalam diet (RDA) untuk pria usia 70 thn adalah 1000mg kalsium per hari, setelah usia 70thn bertambah menjadi 1200mg. Untuk wanita usia 50thn 1000mg dan setelah usia 50 menjadi 1200mg Satu porsi jus seledri mengandung 162 miligram kalsium, yang lebih dari 16% RDA untuk orang dewasa dan 13,5 persen dari RDA untuk wanita.
  9. Vitamin K – Vitamin K meiliki peran dalam pembekuan darah pada saat terjadi luka dan memar, kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan pandarahan hebat pada saat luka dan pemulihan terhadap luka dapat berjalan lambat. Vitamin K jug berperan dalam penggunaan kalsium oleh tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang dalam 1 porsi jus seledri mangandung Vitamin K sebanyak 118 yang arti nya talah memenuhi kebutuhan Vitamin K harian Anda, yaitu lebuh dari 100% untuk pria dan wanita

  10. Folat – Folat merupakan salah satu Vitamin B yang berperan dalam meproduksi, memecah dan menggunakan protein. Kekurangan folat dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan, diare, rambut beruban dan juga anemia. pada 1 porsi jus seledri mengandung folat 145 mikrogram, yaitu lebih dari 36% kebutuhan harian untuk pria dan wanita, dan 29 persen dari asupan untuk ibu hamil dan menyusui.
  11. Antioksidan –  Seledri juga merupakan sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seledri mengandung fitonutrien seperti asam fenolik, flavonoid, stilbenoids dihidro, flavon, furanocoumarins, dan pitosterol.

  12. Serat – Meskipun seledri banyak mengandung Air, namun seledri juga mengandung cukup banyak serat, yaitu 1,6 grm pada 100grm seledri.
Manfaat Seledri dalam Kandungan Gizinya
Seledri merupakan sayuran rendah kalori yang penuh dengan nutrisi. 1 cangkir jus seledri segar, yang dihasilkan dari 4 cangkir seledri cincang mentah memiliki 65 kalori, kurang dari 0,7 gram lemak dan hampir 2,8 gram protein. Hal ini membuat jus seledri merupakan pilihan sayuran yang baik. Sekitar 3,5-5 cangkir seledri per minggu, yang merupakan jumlah yang direkomendasikan untuk pria dan wanita2)3).

 Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan Rambut

Daun seledri dapat digunakan sebagi perawat rambut agar terlihat cantik dan sehat, Dengan menggunakan seledri dapat mengatasi masalah rambut rontok, dan juga dapat membntu untuk melebatkan rambut. Berikut caranya

Caranya mudah, siapkan sekiranya

  1. 10 tangkai daun seledri
  2. Haluskan.
  3. Keramaslah seperti biasa
  4. Setelah Keramas gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata.
  5. Pijatlah dengan lembut agar meresap dengan cepat.
  6. Tunggu sampai 1 jam dengan ditutup dengan topi pembungkus atau dapat juga menggunakan handuk.
  7. Setelah 1 jam bilas hingga bersih.
  8. Lakukan 1 minggu 2 kali untuk hasil maksimal.

Demikianlah 12 manfaat daun seledri semoga bermanfaat

Tags: ,

12 Manfaat Daun Seledri | Fa 32 | 4.5

Pictures of 12 Manfaat Daun Seledri

Manfaat Seledri