16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

On Monday, May 4th, 2015 By
16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan – PIsang merupakan buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia ini. Buah yang murah dan bermanfaat bagi kesehatan ini sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun super market. Buah pisang memiliki banyak macam jenis salah satunya adalah pisang Ambon, yang merupakan salah satu pisang asli Indonesia. Buah pisang ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

Pisang ambon merupakan buah pisang yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Ia menjadi alternatif buah yang biasa digunakan untuk cuci mulut. Tapi apakah Anda tahu manfaat dari buah ambon?. Berikut Manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan seperti yang dilansir manfaat.co.id:

16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Energi
Pisang ambon mengandung kalori sebanyak 99kkal/100 gram. Sehingga pisang ambon menyumbang tambahan kalori yang dibutuhkan tubuh pada saat metabolisme. Walaupun hanya mengandung sedikit kalori pisang ambon dapat dijadikan sebagai alternatif pada saat perut lapar.
2. Kandungan Asam Folat
Pisang ambon mengadung asam folat sehingga direkomendasikan untuk para ibu hamil. Asam folat sangat dibutuhkan janin untuk perkembangan otaknya dan sumsum tulang belakang sang janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Yang dapat menyababkan kelumpuhan, kerusakan jaringan otak dan dapat menyebabkan keguguran.
 
3. Mengobati anemia
Pisang ambonmemiliki kandungan zat besi dan Fe, yang diketahui dapat membantu dalam mengatas Anemia. Pisang ambon dapat manbantu Anda yang sering mengalami lemah dan lesu, dengan meningkatkan jumlah sel-sel darah dalam tubuh.
4. Mengurangi gangguan usus
Pisang ambon memiliki manfaat untuk menangani masalah gangguan usus dan perut, bagi Anda yang sering mengalami masalah pada usus dan perut pisang ambon dapat menjadi alternatif untuk mengatasinya. Caranya pun cukup  mudah buat jus pisang ambon dengan ditambahkan susu secara rutin. Sehingga asam lambung pun dapat dinetralkan.
5. Mengobati gangguan liver
Jika Anda memiliki penyakit liver pisang ambon merupakan pisang yang dianjurkan untuk dikonsumsi. KOnsumsi 2 buah pisang ambon dengan dicampur 1 sendok madu setiap hari. Dengan cara ini dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan membantu menjaga stamina penderita diabetes.
6. Menurunkan Resiko Diabetes
Pisang ambon juga dapat membantu dalam penurunan diabetes. Hal ini dikarenakan pisang ambon memiliki kandungan gula sederhana yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga gula darah dapat terkontrol.
7. Menurunkan berat badan
Untuk Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan secara alami, pisang ambon dapat menjadi salah satu buah alternatif untuk dikonsumsi. Kandungan karbohidrat dalam pisang ambon tidak akan berpengarauh pada peningkatan glukosa dalam darah secara drastis. Dan juga pisang ambon memiliki kandungan lemak yang rendah. dan serat pada pisang ambon dapat membantu menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh. Sebaiknya konsumsi secara langsung.
8. Membantu pengobatan hipertensi
Pisang ambon dapat membantu menobati penderita tekanan darah tinggi, buah ambon mengandung kalium, yang merupakan zat yang dapat membantu mengatur fungsi tubuh, tekanan darah, saraf dan aktifitas otot. Kalium juga bermanfaat untuk mengatur elektrolit dan keseimbangan cairan dalam tubuh yang dapat menjadikan tekanan darah dalam tubuh menjadi normal.
9. Melancarkan sistem pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan percernaan Anda dapat mencoba buah pisang ambon untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan pisang ambon mengandung Vitamin B-6 yang dapat juga mengatasi diare. Jika Anda memiliki masalah asam lambung pisang ambin juga merupakan buah yang baik dikonsumsi karena bersifat antacid dan mudah dicerna.Berdasarkan penelitian orang yang gemar mengonsumsi pisang akan memiliki dinding pencernaan yang kuat dinanding dengan orang yang jarang mengonsumsi pisang.

 
10. Mencegah serangan jantung
Serang jantung dapat menyerang siapa saja yang tidak menjaga pola hidup sehat. Serangan jantung dapat diakibatkan oleh banyak faktor penyakit jantung, misalnya kurangnya aliran 02 kejantung yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Pisang Ambon mengandung kalium yang berguna sebagai tonik yang berguna untuk jantung, dan kandungan serat yang terkandung dalam pisang ambon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. dan Vitamin C yang terkandung dalam pisang dan manfaat flavonoid dalam pisang ambon berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi lemak yang dapat menyebakan serangan penyakit jandung.
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pisang ambon mengandung Vitamin A, B6 dan Vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri dan virus. BErdasarkan penelitian juga diketahi kandungan lectin dalam pisang ambon dapat memberlambat perkembangan virus HIV.
12. Meredakan rasa nyeri
Pisang Ambon juga dapat mengatasi rasa nyeri ringan pada sendi atau gejala pusing ringan.
 
13. Menjaga kesehatan mata
Vitamin A merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dan pisang ambon memiliki zat tersebut.
 
14. Menjaga daya ingat
Kandungan vitamin B dalam makanan sangat berguna untuk menjaga daya ingat, dan pisang ambon memililki vitamin B ini yaitu B6. sehingga dapat berkonsentrasi lebih lama.
15. Menambah mood dan menghindari stress
Serotonin dan kalium merupakan zat yang berguna juga untuk membuat perasaan menjadi rileks.
16. Masker wajah

Piasang ambon juga berguna untuk kecantikan wajah, pisang ambon dapat dijadikan masker untuk mempercantik kulit. Caranya haluskan pisang ambond dan campur dengan menggunakan susu lalu gunakan untuk masker.Demikian lah  16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan semoga bermanfaat, terimakasih

Tags: ,

16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan | Fa 32 | 4.5

Pictures of 16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan

16 Manfaat Pisang Ambon untuk Kesehatan