18 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes

On Thursday, May 21st, 2015 By
18 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes – Pernah mendengar tanaman dengan nama daun afrika? jika Anda sedang mencari pengobatan alternatif daun arfika merupakan salah satu daun yang dapat dijadikan sebagai obat beberapa penyakit. Tanaman ini dinamakan daun afrika karena memang tanaman  ini berasal dari Afrika tepatnya Afrika Selatan. Daun Afrika memiliki banyak khasiat dan manfaat  untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian daun ini memiliki rasa pahit namum mempunyai kelebihan dapat menyembuhkan macam-macam penyakit seperti Stroke, Diabetes, Tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman satu ini.
Tanaman Daun Afrika
Dari namanya sudah dapat diketahui asal tanaman ini, namun tanaman ini juga dapat tumbuh Di Indonesia pada daratan dengan ketinggian mulai dari 1500 meter dari permukaan laut. Namun kebanyakan daun afrika  yang tumbuh di Indonesia tidak berbunga bahkan berubah tidak seperti di daerah aslinya. Ingin tahu apa saja yang dapat dilakukan oleh tanaman yang satu ini. Berikut manfaat daun afrika untuk kesehatan dan mengatasi diabetes, seperti  yang dilansir oleh maafaat.co.id:
Img by: Nelindah | Flick.com

1. Menyembuhkan batuk-batuk
Yang pertama adalah menyembuhkan batuk. Daun ini dipercaya dapat menyembuhkan batuk secara ilmiah dengan tarah cukup ringan Adapun pembuatan ramuan untuk mengobati batuk adalah sebagai berikut:
  • Sediakan daun Afrika secukupnya
  • Cuci daun afrika dan dapat langsung dikunyah.
  •  Atau dapat juga diseduh dengan air panas untuk mengurahi rasa pahitnya.
  • Minum seduhan pada saat masih hangat
  • Lakukan secara teratur sampai batuk sembuh.
2. Meredakan panas demam
Daun Afrika juga dapat diamanfaatkan untuk mengatasi masalah panas demam. Cara penggunaannya sama dengan cara menyembuhkan batuk yaitu dengan cara diseduh.
3. Mengurangi kesemutan
Kesemutan merupakan pertanda aliran darah tidak lancar atau mengalami penyumbatan pada bagian yang mengalami kesemutan. Walaupun tidak berbahaya untuk kesehatan, jika dialami secara terus-menerus kemungkinan dapat menjadi penyakit yang lebih serius, untuk itu kesemutan perlu ditangani jika sering dialami yakni dapat menggunakan ramuan herbal daun afrika. Daun Afrika bekerja dengan mengurani frekuensi kesemutan. Caranya pun sama dengan cara diatas yaitu dengan cara diseduh.
4. Menyembuhkan sakit kepala
Daun afrika ternyata mengandung zat yang dapat mengatasi masalah sakit kepala yang mujarab. Cara membuat obat sakit kepala dengan daun afriak adalah dengan cara direbus.
  • Sediakan daun afrika secukupnya.
  • Cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  •  Saring rebusan.
  • Minum ramuan ini setelah dingin.
5. Membantu menyembuhkan infeksi
Daun afrika juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah infeksi, seperti infeksi pada tenggorokan, zat yang terkandung dalam daun afrika dapat menyembuhkan infeksi tersebut. Daun afrika memiliki zat anti Virus sehingg dapat dijadikan infeksi seperti infekso pada tenggorokan. Caranya sama dengan cara menyembuhakan sakit kepala.
6. Melancarkan buang air
Jika Anda mengalami susah buang air kecil yang dapat disebabkan oleh banyak faktor, Daun Afrika dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya pun sama dengan cara menyembuhkan sakit kepala yaitu dengan cara meminun rebusan daun afrika.
7. Membantu tubuh membersihkan toksin
Daun afrika dapat juga berperan sebagai anti toksin. Toksin merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kanker. Zat yang terkandung dalam daun afrika dapat mengusir toksi maupun sepabagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.
8. Menormalkan kerja organ sistem pencernaan
Lambuang merupakan organ pencernaan yang kerap kali mengalami gangguan seperti infeksi. JIka hal ini terjadi berbagai masalah pencernaan dapat timbul. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan Rebusan Daun Afrika.
9. Menormalkan fungsi paru-paru
Paru-paru merupakan organ pernapasan yang berfungsi menyerap Oksigen, namun paru-paru juga menghirup gas lain yang dapat membahanyakan kesehatan. Dengan mengonsumsi daun afrika dapat menghilangkan racun, dan dapat membantu bekerja secara normal.

Daun Afirka Sebagai Obat

Selain dapat mengobati macam-macam penyakit yang tergolong ringan daun afrika juga dapat mengobati macam-macam penyakit yang cukup berat berikut penyakit-penyakit yang tergolong berat yang dapat diatasi dengan memanfaatkan daun afrika. :
1. Menurunkan kadar kolesterol
Dalam tubuh kita terdapat dua jenis Kolesterol yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik tentunya merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kerja metabolisme tubuh, sedangkan kolesterol jahat merupakan kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat membahayakan. Nah kolesterol jahat dalam tubuh ini perlu dihilankan agar tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan. Untuk menghilankannya Anda dapat meminum rebusan daun afrika ini, Anda juga dapat menambakan jeruk nipis dan madu untuk mengilangkan rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun afrika.
2. Menstabilkan tekanan darah
Tekana darah dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dari dalam tubuh kita sendiri maupun dari luar seperti makanan yang kita konsumsi. Untuk menstabilkan tekanan darah Anda dapat mengonsumsi rebusan Daun Afrika, yaitu dengan merebus daun yang masih segar.
3. Menyembuhkan perut kembung
Perut kembung dan begah membuat rasa tidak nyaman, jika dibiarkan dapat menyebabkan diare, dan untuk mengobati masalah ini Anda dapat meminum rebusan daun afrika dengan tambahan madu untuk menghilangkan rasa pahit dari daun afrika.
4. Membantu menyembuhkan insomnia
Daun afrika dapat mengatasi Insomnia. Daun afrika memiliki zat yang dapat memberi rasa rileks. Untuk orang yang mengalami gangguan sulit tidur dapat menggunakan ramuan ini untuk mengatasinya. caranya dengan meminum rebusan daun afrika ini. Minum air rebusan tersebut sebelum anda tidur. Lakukan hal tersebut selama insomnia belum membaik.

5. Mengurangi kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti penyakit diabetes, darah tinggi dan penyakit lainnya. Untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. dapat menggunkan rebusan daun afrika.
6. Membantu mencegah penyakit stroke
Daun afrika dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat menghindarkan Anda dari stroke, Daun afrike bekerja dengan cara mencegah penyempitan pembuluh darah yang dapat menjadi faktor terjadinya stroke.
Penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan selain penyakit jantung, jika dibiarkan terus menerus dapat menyababkan komplikasi. Untuk mengatasi diabetes dapat meminum rebusan daun afrika, bahkan penderita yang perlu diamputasi dapat diselamatkan dengan rutin mengonsumsi rebusan daun afrika.
8. Menurunkan resiko penyakit kanker hati
Daun afrika memiliki sifat yang dapat menangkal radikal bebas dan sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh. Hal Ini membuat daun afrika dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mencegah kenker salah satunya kanker hati.
9. Menyembuhkan radang persendian
Radang persendian pun dapat diatasi dengan meminum rebusan daun afrika, seperti rematik, Untuk mangatasi ramatik mium ramuan ini secara rutin

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Efek samping yang ditimbulkan oleh daun afrika dalam taraf berat sebenarnya belum ada penelitian, Namun efek samping yang cukup ringan pada saat kita mengonsumsi rebusan daun afrika akan terasa sangat pahit. Selain itu ada juga ahli yang mengatakan ibu hamil dilarang mengonsumsi obat herbal ini karena kemungkinan dapat membahanyakan janin dalam kandungan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya konsultasikan terlebuh dahulu pada ahlinya untuk mengatasi masalah-msalah kesehatan dengan menggunakan daun afrika atau ramuan herbal lainnya.
Pengobatan dengan Daun Afrika di Mancanegara

Daun afrika suda sejak lama digunakan dalam dunia pengobatan salah satunya di Cina. Daun ini sudah dijadikan herbal dan sudah banyak dilakukan penelitian akan khasiatnya. Bahkan negara Malaysia dan Singapura pun sudah memanfaatkan daun afrika untuk pengobatan herbal. Di Malaysia daun afrika dikenal dengan istilah daun Kupu-kupu.Demikianlah  18 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes semoga bermanfaat.

Tags:

18 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes | Fa 32 | 4.5

Pictures of 18 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan & Diabetes