11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

On Saturday, July 25th, 2015 By
11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Wortel memiliki manfaat yang beragam, bukan hanya untuk kesehatan namun juga berfanfaat untuk kecantikan juga. wortel merupakan sayuran yang memiliki berbagai macam khasiat. Wortel yang secara umum dikenal dengan kandungan vitmin A-nya ternyata memilliki manfaat yang breragam, Manfaatnya akan lebih terasa apabila di konsumsi secara rutin. Sebelum menjelaskan manfaat apa saja pada wortel ada baik nya mengetehui dahaulu apa saja yang yang terkandung dalam sayuran ini seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id
11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Gizi Wortel

Dalam 1/2 cangkir atau satu buah wortel terkandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 grm protein, hal ini berdasarkan pernyataan departemen pertanian Amerika.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel kaya akan Vitamin A, yaitu sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa perharinya. Dalam wortel juga terkandung 6% Vitamin C, 2 % Kalium dan 2% zat besi yang dibutuhkan orang dewasa.

Antioksidan

Wortel juga mengandung antioksidan yaitu beta-karoten yang membuat wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan dirubah menjadi Vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupakan sayuran yang kaya, iya juga mengandung folat, Vitamin K, fosfor, magnesium, Vitamin E, Serat dan juga seng yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Dengan kandungan yang dimiliki wortel ini yang sangat super, maka manfaatnya pun tak kalah super, Inilah manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan:

1.  Mengurangi Resiko Kanker

Wortek mengandung beta karoten, fosfor dan hidrat arang yang sangat berguna untuk tubuh. Beta keroten dipercaya sangat ampuh untuk mengcehag kanker. Berdasarkan penelitian mengonsumsi wortel 2 kali sehari dapat menurunkan resiko kanker payudara hingga 17%.

Penelitian juga menunjukan dapat mengurangi resiko serangan kanker paru-paru dan kenker usus besar. Dalam penelitian tersebut menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang memiliki peran sebagai anti kanker.

Falcarinol merupakan zat alami yang dihasilkan wortel dan berguna melindungi akar dari penyakit jamur. Kandungan ini hanya dimiliki oleh wortel.

2. Mengurangi Resiko Serangan Penyakit Jantung.

Jika wortel dikonsumsi sebanyak 6 buah dalam seminggu dapat menurunkan resiko kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga berguna untuk menurunkan resiko darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitina mengonsumsi wortel dengan dicampur dengan ketumbar dapat mencegah virus-virus berbaya menyerang tubuh. Antoksidan dalam wortel juga dapat mencegah radikal bebas.

4. Mencegah Stroke

Penelitian di Harvard menunjukan dengan mengonsumsi 6 buah wprtel dalam 1 minggu dapat mengurangi resiko penyakit stroke dibanding dengan orang yang hanya mengonsumsi 1 buah perbulan.

5. Menjaga Kesehatan Mata.

Wortel kaya akan beta-karoten yang dapat diubah manjadi Vitamin A pada saat pencernaan berlangsung.  Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.

Beta-karoten juga berguna untuk melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah pada mata yang sering dialami oleh orang tua. Dengan mengonsumsi secara runtin dapat menurunkan hingga 40 % resiko degenerasi makula dibanding dengan yang tidak mengonsumsi.

6. Kesehatan Ginjal

Wortel juga dapat membantu dalam membersihkan ginjal. merkipun para ahli melarang orang yang memiliki penyakit ginjla tidak boleh mengonsumsi jus, namun lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh  untuk menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat Wortel Untuk Kulit dan Kecantikan

Dan berikkut manfaat wortel untuk kecantikan:

7. Menjaga kesehatan Kulit

Vitamin A sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan juga didukung dengan kandungan lain pada wortel, yang mampu menjaga kulit agar cantik bersinar. Wortel juga dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. penggunaanya dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

8. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang baik salah satunya terkandun dalam wortel yang dapat mencegah radiakal bebas yang dapat menyerang kulit, Antioksidan itu juga dapat mencegah efek penuaan dini.

Manfaat Wortel Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Terlepas dari manfaat wortel di atas, ternyata efeknya juga sangat baik untuk ibu hamil.

9. Kualitas dan Kuantitas ASI

Dengan mengonsumsi wortel ibu menyusui dapat meningkatkan kualitas Asinya.

10. Menjaga Kesuburan

Wortel juga dapat menjaga kesuburan yang merupakan idaman semua pasangan, Dengan mengonsumsu jus wortel dapat  meningkatkan kesuburan kandungan.

11. Janin dalam kandungan

Wortel juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, selain itu kandungan antioksidan baik untuk menjaganya agar tetap tumbuh sehat.

Demikianlah 11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan semoga bermanfaat.

Tags: , ,

11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan | A32 | 4.5

Pictures of 11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan