Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

On Wednesday, March 23rd, 2016 By

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh – Banyak orang belum tahu efek dari dehidrasi, mereka menganggap hal ini merupakan hal sepele. Dehidrasi tidak boleh dianggap remeh tubuh manusi terdiri dari lebih dari 60% caran, yang terdapat dalam darah, sel-sel, tulang dan juga otot. Pada darah setidaknya harus mengandung ari sebanyak 92% pada tulang 22% sel-sel otot 75% cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai masalah sampai kematian.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusi harus minum air setiap harinya yang disesuaikan kebutuhan dan minumlah terutama pada saat meresa haus. Dan bila Anda sedang sakit maka kebuthan cairan dalam tubuh akan semakin tinggi, saat cuaca panas, habis berolahraga, menyusui dan lain sebagainya. Cairan tubuh yang terus berkurang dan tidak diganti dengan cairan lain dapat menyababkan masalah yaitu dehidrasi. Berikut bahaya dehidrasi bagi tubuh seperti yang dijelaskan halosehat.com:

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

1. Hipertensi
Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan pasokan oksigen juga terganggu sehigga organ-organ tubuh kekurangan pasokan O2, yang dapat menyababkan hipertensi. Darah membutuhkan 92% cairan dan apabila kekurangan cairan akan menyababkan darah menjadi lebih kental sehingga dapat menyababkan penyumbatan pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar. Saat itulah jantung akan memompa darah lebih keras, sehingga tekanan darah meningkat untuk mencapai seluruh tuuh.

2. Mudah Lelas
Kekurangan cairan dapat menyababkan tubuh menjadi mudah lelah, cirinya sama dengan anemia. Jika anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah sedangkan dehidrasi merupakan kondisi tubuh kekurangan cairan. Aliran O2 yang tidak cukup ini lah yang menyababkan tubuh menjadi mudah lelah.

3. Asma
Dehidrasi dapat menyebabkan penderitanya menajadi sesak atau bisa menjdi asma. Hal ini disebabkan karena pada saat dihidrasi saluran pernafasan menjadi sempit (menyempit). Penyempitan ini terjadi untuk mengurangi cairan yang kelur.

4. Masalah Kulit
Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit kering, selain itu proses metabolisme tubuh berupa pengeluaran keringan yang berguna mengeluarkan racun terganggu sehingga rancun dapat menumpuk pada kulit dan dapat menyebabkan masalah kulit lainya.

5. Kolesterol Tinggi
Kolesterol akan banyak diproduksi lebih banyaj oleh tubuh pada saat tubuh kekurangan cairan, sehingga dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Untuk itu penuhilah kebutuhan cairan Anda agar tidak terkena kolesterol tinggi.

6. Gangguan Ginjal dan Kandung Kemih
Orang yang mengalami dehidrasi dapat mengalami gangguan pada ginjal dan kandung kemih, Pada saat dehidrasi darah akan menjadi lebih kental sehingga ginjal akan berkerja lebih keras untuk membersihkan darah, selain itu dehidrasi juga mengakibatkan racun akan tekakumulasi dan limbah asam akan memproduksi lingkungan untuk berkembang biak dalam ginjal. Sisa dari metabolisme akan ditampung dalam kandung kemih, sehingga kandung kemih pun ikut kena dampaknya.

7. Sembelit
Sembelit dapat terjadi karana kekurangan cairan dalam tubuh, Usus besar yang kekurangan cairan akan menyerap banyak cairan.

8. Nyeri
Dehidrasi dapat juga menyebabkan nyeri pada persendian seperti sendi pada lutut dan menyebabkan sendi terasa kaku. Ini disebabkan oleh kurangnya cairan yang dibutuhkan oleh otot terutama otot pada persendian.

9. Menggemukan Badan
Tubuh dehidrasi juga dapat menyebabkan badan menjadi gemuk, yang disebabkan penumpukan racun dan penumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Air berguna untuk menghancurkan lemak dan membersihkan tubuh dari racun.

Cara Mengatasi Dehidrasi

Ada beberapa cara untuk mengatasi dehidrasi diantaranya sebagai berkikut:
• Cukupi konsumsi air putih – Ini merupakan hal terpenting untu mecegah terjadinya dehidrasi , namun jangan berlebuh karane dapat menyebabkan masalah lain, simak di artikel berikut untuk mengatahi bahaya kelebihan minum air
• Oralit – Jika Anda sudah terkena dehidrasi anda dapat meinum oralit, yang dapat Anda buat sendiri, cara ini sangat efektif untuk anak-anak.
• Bawa kerumah sakit – Jika Sudah parah sebaiknya segaera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Demikianlah Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh, penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda agar tidak terhadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terimakasih Semoga bermanfaat.

Tags:

Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh | A32 | 4.5

Pictures of Bahaya Dehidrasi Bagi Tubuh

boot 507173_960_720