Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami

On Monday, March 14th, 2016 By

Cara Mencegah Alergi Dingin Secara AlamiAlergi dingin dapat terjadi pada siapa saja baik anak-anak sampaii dengan orang tua. Di Indonesia sendiri jarang ditemukan orang yang mengalami alergi dingin, namun pada saat musim penghujan datang udara menjadi berubah lebih dingin. Alergi dingin diasanya ditandai dengan flu, pilek ataupun gatal-gatal pada seluruh bagian tubuh. Kebanyakan penderita biasanay tidak menyadarinya jika ia terkena alergi dingin dan menganggap hanya kedinginan biasa.

Alergi Dingin Adalah
Alergi Dingin Adalah keadaan dimana tubuh anda mengeluarkan zat yaitu histamin untuk melawan dingin, gejala yang ditimbulkan sama dengan flu yaitu, pilek, batuk, bersin dan meler, namun ini berbeda dengan flu karena ini tidak bisa menular, pada penderita lain akan mengalami reaksi berneda seperti gatal, ruam merah, sakit tenggorokan rasa nyeri yang hebat terutama pada persendian dan demam.

Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami

Gejala Alergi Dingin

Pada setiap orang memiliki gejala yang berbeda. Reaksi yang muncul tergantung keparahan alergi dan kondisi tubuh. Dan berikut gejalanya:

  • Sesak nafas seperti asma dan mengi
  • Ruam pada permukaan kulit
  • Sendi dan tulang terasa sakit
  • Rasa lelas yang sangat
  • Berbagai gejala seperti flu.

Jika Anda ragu anda hanya flu bisa atau terkena alergi dingin sebaiknya Anda melakukan tes alergi untuk taham awal. Flu dan alergi dingin merupakan masalah yang berbeda sehingga Anda tidak bisa mengobatinya dengan obat flu. Hingga saat ini belum ada obat yang pasti untuk mengatasi alergi dinginm namun Anda masih dapat mencegahnya agar tidak terjadi.

Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami

Hindari Pemicu Dingin
Ini merupakan langkah yang pertama, Jika Anda tinggal didaerah dingin gunakan pakaian tebal. Menjaga suhu tubuh agar tetap hangat, gunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut. Jika timbul beberapa gejala seperti flu jaga kerbersihan tubuh dan kurangi kontak dengan banyak orang.

Perbanyak Minum
Gejala alergi dingin dan flu memang hampir sama. Dengan perawatan yang benar maka penderita dapat menghindar dari masalah lain seperti sinusitis dan infeksi telinga rongga tengah, yaitu dengan mengonsumsi banyak air. Air minum dapat mengurangi reaksi berlebih yang ditimbulkan oleh alergi dingin, karena air dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap sehat dan kuat..

Intirahat Total
Jika gejala alergi mulai menyerang Anda cobalah hentikan semua aktifitas anda dan beristirahatlah. Istirahat dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi berkerja lebih baik sehingga dapat mengurangi dan bahkan menghindari gejala alergi dingin.

Perrhatikan Asupan Gizi
Tubuh membutuhkan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, Nutrisi berasal dari makanan, banyak penderita alergi dingin tidak memperhatiakan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk itu konsumsilah makanan yang mengadung Vitamin C, Vitamin E, Mineral dan lain sebagainya untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh Anda yang dapat juga mengatasi alergi dingin.

Makanan Pedas
Makanan pedas dapat diguanakan untuk membantu alergi dingin, makanan yang dapat memberi kehangatan tersebut diantara lobak dan adas yang dapat menjadi agen dekongestan alami tubuh. Minum wedang jahe juga dapat membantu menghangatkan tubuh Anda. Bahkan beberapa makanan yang diolah dengan rempah seperti adas, merica, dan bahan pedas lain bisa membantu mengurangi hidung meler. Anda bisa mencampur bahan-bahan ini dalam sup atau hidangan berkuah lain.

Prebiotik
Zat ini merupakan zat yang mampu menjadi anti inflamasi dan anti alergi terutama untuk alergi dingin
Prebiotik dapat diperoleh dengan mengkonsumsi Yogurt yang sangat dianjurkan untuk penderita alergi dingin. Prebiotik juga aman untuk ibu yang sedang hamil.

Bioflavonoid
Zat ini terkandung dalam buah apel, anggur, bawang merah dan putih serta buah-buhan yang lainnya. Zat Bioflavonoid dapat menjadi penstabil reaksi histamin yang diproduksi oleh tubuh dengan jumlah yang banyak.

Vitamin C
Vitamin C merupakan Vitamin yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, Vitamin C juga dapat membantu mengatasi reaksi dingin dengan cara menghambat perkembangan sel-sel yang memproduksi histamin dalam jumlah yang berlebihan. Vit C juga dapat membantu mengatasi reaksi alergi seperti ruam, gatal dan juga flu. Vitamin C juga bisa menangkal radikal bebas dan mencehah peradangan.

Magnesium
Zat ini dapat berepdan sebagai bronkodilator dan agen anti histamin yang dapat membuat otot dans saraf menjadi lebih baik. Magnesium banyak terkandung dalam gandum, rumput laut, jenis kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Ikan Salmon
Ikan salmon mengandungh Asam lemak dan juga omega 3 yang dapat membantu dalam mengatsi histamin. Konsumsi ikan salmon dengan cara mengolahnya tanpa minyak agar lebih sehat dan berkahsiat.

Vitamin E
Vit E juga dapat membantu mengatasi Alergi dingin, Vit E dapat membantu mengatasi reaksi dari alergi dingin dan juga dapat mengatasi produksi histamin yang berlebihan.

Demikianlah Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami. Alergi dingin memang dapat sangat menyiksa dan juga menganggu aktifita. Untuk itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi berbagai jenis makanan pencegah alergi dingin atau menjaga agar badan Anda tetap sehat ketika reaksi alergi mulai muncul.

Tags:

Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami | A32 | 4.5

Pictures of Cara Mencegah Alergi Dingin Secara Alami