Cara Mencegah Alergi

On Sunday, March 13th, 2016 By

Cara Mencegah AlergiAlergi atau hipersensitivitas tipe I (1 dari 4) merupakan kegagalan kekebalan tubuh pada seseorang yang menjadi hipersensitif dan bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya antigenik (imunogenik) atau bisa juga disebut atopik. Atau dengan kata lain tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang dianggap asing dan berbahaya untuk tubuh, padahal tidak untuk orang yang tidak bersifat antigenik. Bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi tersebut adalah alergen .

Pada seseorang yang alergi terhadap sengatan dari wasp dan tawon kemungkinan dapat membahayakan jiwa dengan timbul anaphylaxis. Tidak semua reaksi dari hipersensitif adalah alergi. Reaksi alergi dapat diduga dan berlangsung dengan cepat. Alergi disebabkan oleh produksi antibodi berjenis IgE. Maka pembengkakan terjadi bersifat tidak nyaman dan bisa membahayakan. Untuk itu harus dilakukan pencegahan dini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut cara mencegah alergi:

Cara Mencegah Alergi

cara mencegah alergi

Jaga Kebersihan Lingkungan
Dengan menjaga kebersihan Lingkungan Anda telah satu langkah lebih awal untuk mencegah timbulnya alergi pada diri Anda. Kerbersihan yang harus Anda jaga adalah lingkungan yang sering Anda gunakan untuk berkatifitas, seperti rumah yang meliputi halaman, ruang tamu, kamar tidur dan ruang yang lainnya karena ruang-ruang tersebut dapat menjadi tempat bersarangnya debu yang dapat menyebabkan alergi. Jika Anda alergi terhadap bulu binatang jangan memelihara hewan berbulu seperti kucing, anjing dan lain sebagianya.

Jaga Kebersihan Diri
Selain kebersihan lingkungan yang Harus Anda jaga, kebersihan diri Anda pun harus dijaga, bersihkan dagi yang menempel pada kulit setiap kali Anda mandi karena dagi dapat menjadi sarang penyebab alergi untuk Anda. Untuk Mandi gunakan Air hangat dan pada sore hari harus mandi sebelum jam 17.00. Dan sebaiknya gunakan shampo dan sabun untuk bayi. Dan hindari mengecat rambut.

Jangan Gunakan Pewangi Ruangan
Pewangi ruangan merupakan salah satu timbulnya Alergi, jadi jangan gunakan pewangi ruangan di rumah Anda, Obat anti nyamun pun harus dihindari. Jika dirumah banyak nyammuk gunakan kelambu atau gunakan raket nyamuk.

Kasur
Bagi Anda yang alergu gunakan kasur yang terbuat dari busa, jangan gunakan kasur yang terbuat dari kapuk.

Sprei
Untuk Sprei, gunakanlah sprei yang terbuat dari bahan katun dan cucilah paling tidak satu minggu sekali dengan air hangat agar lebih efektif

Pakaian
Untuk pakaian, jangan sekali-kalki menggunakan pakaian yang terbuat dari wool, karena wool merupakan benang yangterbuat dari bulu domba.

AC
Pendingin Udara dapat diguakan namun tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari PK.2400′

Perhatikan makanan yang di konsumsi
Perhatikan makanan, minuman dan obat yang dapat menimbulkan Alergi pada diri Anda atau anak Anda. Patuhi diet alergi agar tidak terserang alergi.

Konsultasi dengan spesialis
Alergi yang muncul membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pada setiap penderita. Konsultasikanlah jedokter dan mintalah terapi imunoterapi untuk menurunkan kepekaan Anda terhadap bahan-bahan yang dapat memicu Alergi misalnya dengan melakukan suntikan, menggunakan extrak debu rumah atau dengan Imunisasi Baccillus Calmatte Guirine (BCG) minimal sebanyak 3 kali dalam 1 bulan berturut-turut dan diulang setiap 6 bulan sekali.

Pada New England Jurnal of Madicine dipaparkan bahwa mengonsumsi kacang sejak dini dapat mengurangi resiko timbulnya alergi akibat kacang secara signifikan. Pada mereka yang lergi terhadap kacang dianjurakan untuk tes tusuk kulit (Cara Tes Alergi), maka balita yang mengonsumsi kacang menjadi kebal terhadap alergi kacang. Biasany balita yang alergi terhadap kacang sebanyak 14%, namun dengan mengonsumsi kacang sejak dini maka jumlah penderita dapat menurun hingga 2%. Demikianlah cara mencegah alergi yang dapat canselam sampaikan.

 

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Alergi

Tags:

Cara Mencegah Alergi | A32 | 4.5

Pictures of Cara Mencegah Alergi

tree nut 995054_960_720