Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung

On Friday, March 25th, 2016 By

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung – Allah Menciptakan manusia begitu sempurna yang dilengkapi organ-organ tubuh yang memiliki fungsi masing-masing misalnya hidung, yang memiliki fungsi membau, menghirup oksigen dan fungsi – fungsi lainya. Untuk itu kita harus mensyukurinya dan menjaga kebersihan dan kesehatan organ-organ tubuh kita agar dapat berfungsi dengan normal.

Menurut seorang ahli dalam bidang alergi dan imunologi di klinik Lahey di Burlington yang bernama Josep E. Kelleher, MD, menyatakan bahwa hidung dan sinus merupakan garis pertahanan pertama dalam sistem pernafasan, dimana keduanya terdiri dari membren mukosa, serta silia yang memiliki fungsi menyaring serta melembabkan udara yang kita hirup. Jika hidung mengalami masalah atau gangguan kesehatan, maka dapat mengganggu dari fungsi dari hidung tersebut dan dapat pada organ yang lain seperti masalah pernafasan dan juga suara.

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan hidung agar tidak mengganggu dari fungsi hidung sendiri? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga indra penciuman tetap sehat seperti yang dijelaskan di halosehat.com.

1. Lindungi Hidung dari debu dan polusi yang lainya
Saat beraktifitas diluar rungan yang banyak mengandung debu atau pun pada saat berkedara dapat menyebabkan debu atau partikel lain ikut terhirup pada saat bernafas, sehingga hidung menjadi kotor, akan berbahanya jika debu tersebut mengandung zat-zat yang berbahanya. Untuk itu gunakanla masker untuk mencegah debu ikut terhirup.

2. Hindari Sumber Alergi
Jika Anda memiliki masalah alergi alergi terhadap debu, serbuk sarim bulu binatang, asap rokok ataupun yang lainnya, maka jahuilah hal-hal tersebut.

3. Meningkatkan Kualitas Udara Yang bersih
Ini merupakan langkah yang sederhana namun akan sulit dilakukan jika Anda tinggal di kota yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Namun Anda tetap dapat melakukannya dengan cara hal-hal berikut.

• Perbanyak tanaman di rumah Anda, terutama tanaman lidah mertua karena tanaman ini dapat meyerap polusi dengan baik.
• Cuci gorden maupun sprei secara rutin
• Mengganti sarung bantal secara rutin
• Gunakan filter udara.
• Bersihkan perabotan rumah tangga dari debu dan kotoran, termasuk mainan anak.
• Bersihkan karpert lantai secara rutin.

4. Jaga Kelembapan Udara dalam ruangan
Menjaga kelembapan udara sangat penting untuk menjaga kesehatan. Udara yang kering dapat mengakibatkan sinus menjadi kering. Sehingga dapat menyebabkan organ tersebut rentan terhadap infeksi bakteri. Menjaga kelembapan udara sangatlah penting terutma pada musin dingin. Kelembapan udara yang baik untuk kesehatan sinus adalah 40% – 50%. Kelembapan udara diatas 60% dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, tungau dan debu. Untuk menjaga kelembapan udara Anda dapat menggunakan alat seperti humidifer atau vaporizer.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh.
Kesehatan organ sinus dapat terjaga dengan menjaga asupan cairan dalam tubuh. Jika kebutuhan cairan terjaga maka kelembapan sinus dan hidung.

6. Hindari Sumber Infeksi
Jika Orang disekitar Anda sedang mengalami masalah seperti pilek, flu maupun masalah infeksi pernafasan, maka Anda harus mengurangi kontak langsung dengan mereka.

7. Membiasakan Diri Untuk Mencuci Tangan dengan Sabun
Ini merupakan langkah yang cukup mudah untuk dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit yang dapat menyerang hidung dan sinus.

8. Bersihkan Kotoran Yang Ada pada Hidung
Ini dapat dilakukan dengan cara menghirup air menggunakan hidung, namun dalam menghirupnya jangan terlalu kuat agar tidak membuat sakit kepala. Atau Anda bisa membersihkannya dengan mengunakan cotton buds.

9. Hindari Mengorek Hidung dengan Jari Tangan
Tangan merupakan salah satu agen yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk hidung dan sinus. Untuk itu sebaiknya, hindari mengorek hidung dengan jari tangan. Selain itu mengorek hidung dengan tangan juga dapat melukai hidung jika kuku Anda panjang.

10. Bersihkan Hidung Dengan Air Garam
Penelitian Menemukan bahwa membersihkan hidung dengan air garam hangat dapat membantu menurunkan resiko infeksi maupun masalah kronis lain pada hidung dan sinus.

11. Perhatikan penggunaan Obat-obatan
Penggunaan obat-obatan biasanya memiliki efek samping terhada hidung, diantaranya hidung tersumbat yang disebabkan oleh kemacetan rebound. Untuk itu sebelum mengonsumsi obat sebaiknya konsultasikan kedokter terlebih dahulu.

Demikianlah Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung. Hidung merupakan organ yang cukup vital untuk itu kita harus menjaga kesehatan hidung agar tidak terjadi masalah yang lain.

Tags:

Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung | A32 | 4.5

Pictures of Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hidung