Gejala Sinusitis Akut dan Kronis

On Sunday, March 27th, 2016 By

Gejala Sinusitis Akut dan Kronis – Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak dapat bernafas dengan baik karena ronggo hidung terpenuhi oleh lendir. Pada awalnya sinusitis terlihat seperti gelaja flu dengan rasa dingin yang menyeran pasa saat cuaca dingin. Setelah itu akan dilanjutkan dengan reaski alergi terhadap cuaca dingin, alergi dan kondisi lingkungan yang kurang baik.

Sinusitis akan membuat penderitanya merasakan demam selam beberapa hari, badan lamas dan nafasu makan menurun. Jika hal ini tejadi makan harus segera diatasi agar tidak menjadi lebih parah. Jarak Anatara sinus akut dan sinus kronis membutuhkan waktu sekitar 3 bulan atau lebih.

Gejala Sinusitis Akut dan Kronis

CC Image courtesy of Spring Dew Sinuses on Flickr

Apa Itu Sinus

Sinusitis merupakan penyakit yang menyerang rongga atau ruang yang terletak pada bagian bekakang tulang wajah di bagiab atas sekitar dahi, rongga anatara bagian mata dan di bagian belakang dahi serta rongga pada bagian pipi dan hidung. Rongga sinus berisi lendir dan rambut halus yang berfungsi sebagai penyaring bakteri dan udara yang masuk dari saluran pernafasaan.

Rongga sinus yang sehat ditandai dengan kondisi yang bersih, sementara sinusitis merupakan penyumbatan saluran lendir sehingga menimbulkan penumpukan lendir pada bagian sinus. Penyakit sinusitis lebih banyak menyrang wanita dari pada pria, data ini berdasarkan gambaran survei.

Penyebab Sinusitis

Peradangan yang terjadi pada rongga sinus atau selaput lendir menyebabkan terjadinya sinusitis, penyakit ini akan menyebabkan peradangan pada hidung dan juga sinus, Penyebabnya adalah infeksi baktreri atau virus pada rongga sinus. Infeksi bakeri dan virus dapat dipicu oleh polip, alergi, atau pun pertumbuhan jaringan baru pada hidung.

Pada awalnya sinusitif terlihat seperti gejala influenza, sehingga banyak penderita tidak sadar jika dirinya telah rekena sinusitis. Gejala yang lebih parah bisanya akan berlangsung selama 3 – 5 minggu. Dan tidak mengalami perubahan merkipun sudah diobati. Berikut Gejala sinusitis seperti yang dijelaskan di halosehat,com:

Gejala Sinusitis Akut dan Kronis

1. Sakit terus Menerus Pada Area Sinus.
Rasa sakit yang disebabkan infeksi sinus memang sangat kompleks. Rasa sakit bisa terjadi pada bagian dahi, sekitar mata, pipi, gigi, hidung dan rahang bagian atas. Rasa sakit ini dapat berlangsung lama dan biasanya rasa sakit akan berkurang sedikit setelah dilakukan pengobatan anti inflamsi.

Jika terjadi peradangan rasa sakit akan semakin parah, untuk menguranginya dapat dilakukan pengompresan dengan air hangat yang ditempelkan pada area sekitar tulang hidung, dahi dan pipi.

2. Keluar Cairan Kuning Kehijauan dan Kental
Sinusitis menyebabkan perubahan warna cairan atau lendir yang keluar pada hidung, hal ini disebabkan oleh infeksi pada sinus. Banyaknya cairan yang kelur dari hidung akan mengalami perubahan yang pada awalnya bening akan menjdi hijau kekuningan dan kental. Cairan dapat keluar melalui hidung dan tenggorokan.

Terkadang penderita akan mengalami gatal pada bagian tenggorokan belakang hingga telinga. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan minum air hangat untuk mencegah terjadinya penyumbatan cairan pada rongga sinus. Air putih atau teh hangat dapat membuat kondisi lebih baik.

3. Hidung Tersumbat.
Sinusitis juga memiliki gejala hidung tersumbat, hal ini terjadi setelah infeksi bakteri atau virus yang terjadi pada rongga sinus yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada rongga hidung. Kondisnya dapat menjadi lebih parah jika tidak dirawat dengan benar dan cepat.

Pada beberapa penderita juga akan mengalami masalah penciuman, untuk mengatasi hidung tersumbat adalah tidur dengan posisi bantal lebih tinggi. Ini dapat membantu menurunkan peradangan lebih lanjut.

4. Sakit Kepala dan Berat
Hal ini sering kali dialami oleh penderita sinusitis, hal ini disebabkan oleh tekanan peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Tekanan dan peradangan dapat meneybabkan rongga sinus membenkang sehingga menyebabkan sakit kepala. Jika kondisi ini tidak mendapatkan perwatan dapat menyebabkan peradanga menyebar hingga bagian telinga dan menyebabkan sakit gigi, rasa berat pada bagian pipi.

5. Batuk Terus Menerus
Cairan yang ada pada sinus dapat mengalir ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada bagian belakang tenggorokan menjadi infeksi dan iritasi. Jika hal ini belangsung lama dapat mengakibatkan batuk yang dapat berlangsung lama juga.

Biasanya batuk akan berkurang pada siang hari dan akan bertambah pada malam hari. Kondisi ini dapat diatasi dengan tidur posisi duduk untuk mencegah cairan mengalir ke tenggorokan bagian balakang.

6. Peradangan Pada Tenggorokan
Peradangan yang terjadi pada sinus juga dapat terjadi pada tenggorokan. Hal ini disebabkan cairan yang berasalah dari sinus mengalir ke tenggorokan sehingga menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan bagian tenggorokan menjadi terluka sehingga menyebabkan sakit yang parah, dan biasanya akan terjadi demam pada penderita.

7. Sakit Gigi dan Mulut
Infeksi pada sinus dapat menyebar hingga ke bagian rahang. Hal ini akan bertambah parah jika kesehtan gigi buruk. Sinusitis dapat menyebabkan sakit gigi yang sangat hebat yang terjadi pada bagian atas. Bakteri yang terus berkembang pada bagian rongga sinus juga dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap.

8. Tubuh Terasa Lebih Lelah
Penderira sinusitis akan mengalami hal ini selama beberapa hari. Infeksi ini mengakibatkan banyak cairan yang keluar dari hidung dan tenggorokan. Dan setelah itu sinusitis akan membuat tubuh terasa lelah dan lemas yang disebabkan gangguang pernafasan dan pusing. Dan dapat mengganggu aktifitas jika pernafasan menjadi berat.

Mitos Sinusitis
Masyarakan bayak sekali salah paham terhadap sinusitis. Penyakit ini membutuhkan perawatan yang harus dilakukan dengan benar agar tidak menjadi lebih parah. Berikut beberapa hal tentang mitos sinusitis:

  1. Sinusitis sering dianggap sebagai penyakit yang berkembang yang disebabkan cuaca dingin
  2. Sinusitis sering dianggap penyakit yang normal dan dapat sembuh sendiri
  3. Sinusitis sering dianggap penyakit yang menyerang orang dewasa
  4. Sinusitis sering dianggap penyakit keturunan.
  5. Sinussitsi dianggap hanya akan menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Fakta Sinusitis

Berikut fakta dari sinusitis:

  1. Sinusitis harus segera ditangani dan tidak bisa dibiarkan
  2. Semua orang bisa terkena sinusitis meskipun memiliki kekebalan tubuh yang baik
  3. Pada tahap awal sinusitis dapat diobati dengan pemakaian obat antibiotik dengan resep dokter.
  4. Perawatan harus dengan mengetahui penyebab untuk mempercepat penyembuhan.

Demikianlah Gejala Sinusitis Akut dan Kronis semoga bermanfaat

Tags:

Gejala Sinusitis Akut dan Kronis | A32 | 4.5

Pictures of Gejala Sinusitis Akut dan Kronis

10936570_61ee270cea_z