Manfaat singkong Untuk Kesehatan

On Wednesday, March 16th, 2016 By

Manfaat singkong Untuk Kesehatan – Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal yang namanya singkong atau bisa juga disebut ketela, ubi atau ubi kayu. Tanaman ini termasuk umbi-umbiyan yang berasal dari Brazil. Singkong atau ketela dapat diolah menjadi berbagai macam makanan di Jawa Barat sendiri ada Combro, Misro dan lainnya Singkong juga dapat diolah menjadi keripik, tape singkong, getuk, samiler, kola singkong, kerupuk, jemblem dan lain sebagainya. Singkong juga dapat diolah menjadi tepung singkong. Dan tepung singkong ini digunakan untuk membuat aneka kue yang enak rasanya untuk membut kue bronis juga bisa. Singkong mengandung zat pati dua kali lebih banyak dari pada kentang, sehingga singkong bisa dijadikan makanan pengganti nasi.

Masih banyak orang yang beranggapan singkong merupakan makanan kampung yang tidak bergizi. Padahal dalam penelitian kandungan gizi dalam singkong begitu tinggi. Jadi jangan meremehkan singkong sebagai makanan kampung. Di carakhasiatmanfaat.com menjelaskan singkong mengandung nutrisi seperti protein, karbohodrat, serat, asam folat, Vitaman A, Vitamin C, Vitamin B9, Vitamin E, Vitamin K, Pyridoxin, Niacin, Ribloflavin, Thiamin, Mangan, Kalsium, Zat besi, Zinc, fosfor, Sodium dan magnesium.

Manfaat singkong Untuk Kesehatan

Setelah Anda mengetahui kandungan dalam singkong, berikut infoemasi mengenai manfaat singkong untuk kesehatan tubuh seperti yang dijelaskan di mistercufflink.com berikut:

Sumber Energi
Singkong memiliki zat pati dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kentang, sehingga singkong dapat memberikan energi lebih banyak dibanding dengan kentang. Zat yang berperan menambah energi adalah karbohidrat kompleks.

Baik Untuk Pencernaan
Singkong mengandung Serat, dimana serat memiliki manfaat untuk perncernaan yang membuatnya menjadi sehat dan dapat menghindarkan dari resiko masalah pencernaan seperti suasah Buang air besarm perut kembungm sembelit dan lain sebagianya.

Diet Rendah Lemak
Singkong memang mengandung karbohidrat yang tinggi, namun singkong merupakan bahan makanan yang rendah lemak dan kolesterol sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet rendah lemak. Untuk melakukan diet rendah lemah dengan singkong cara yang baik adalah dengan cara direbus.

Mencehag dan Mengatasi Anemia
Singkong mengandung Zat besi yang berguna untuk membantu dalam memproduksi sel darah merah sehingga singkong dapat mencegah terjadinya Anemia atau juga dapat mengatasi anemia pada tubuh.

Baik Untuk Penderita diabetes
Untuk Para penerita diabetas dapat mengganti nasi dengan singkong. Ini dikarenakan singkong merupakan bahan makanan yang tidak memiliki kadar gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meningkatkan Nafsu Makan
Karbohidrat komplek dan kandungan nutrisi lain dalam singkong dapat membantu mengingkatkan nafsu makan.

Terlapas semua itu singkong juga memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan, berdasarkan informasi sari manfaat.co.id, di dalam singkong terdapat akar alami yang beracun cyanogenic, metil linamarin dan mengandung senyawa glikosida linamarin. Kandungan racun tersebut dapat membuat orang yang mengkonsumsinya secara berlebihan mengalami keracunan sianida yang ditandai dengan gejala pusing, mual, muntah, sakit perut, sakit kepala hingga kematian. Kandungan racun tersebut banyak ditemukan pada bagian kulit luarnya, namuan ada juga jenis singkong yang jika tidak bisa mengolahnya akan menjadi beracun, ditempat saya singkong ini disebut ubi racun.

Hal yang lain jika Anda hendak membeli singkong adalah dengan memperhatikan kondisi singkongtersebut. Singkong yang baik adalah singkong yang berwarna putih bersih pada saat kikupas, jika terdapat kehitaman pada singkong ini bisa menjadi pertanda jika singkong sudah dalam keadaan yang tidak baik dan sebaiknya jangan dikonsumsi. Demikianlah Manfaat singkong untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Tags:

Manfaat singkong Untuk Kesehatan | A32 | 4.5

Pictures of Manfaat singkong Untuk Kesehatan

cassava 285033_960_720