Penyebab Alergi Kulit dan Penyembuhannya

On Sunday, March 13th, 2016 By

Penyebab Alergi Kulit dan PenyembuhannyaAlergi merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh terhadap zat yang tidak sesuai dengan tubuh atau keadaan tubuh, Salah satunya alergi kulit.

Alergi Kulit Merupakan suatu tanda bahwa kulit mengalami iritasi, yang biasanya ditandai warna kulit memerah dan terasa gatal. Dalam kondisi parah dapat muncul kantung cairan yang berisi nanah, yang pada dumia medis disebut dengan vesikel.

Penyebab Alergi Kulit dan Penyembuhannya

Penyebab Alergi Kulit dan Penyembuhannya

Penyebab Alergi Kulit
Alergi kulit dapat disebabkan oleh banyak faktor, Yaitu sebagai berikut:

Keturunan Secara Genetik
Alergi merupakan penyakit yang dapat diturunkan dari orang tua keanaknya. Dalam hal ini seorang keturunnnan bukan memiliki ganguan alergi sejak lahir, namun memiliki resiko atau rentan terkena alergi yang sifatnya mirip dengan orang tua.

Penggunaan atau perubahan metal perhiasan
Adanya perubahan metal pada perhiasan juga dapat menyababkan terjadinya alergi kulit, hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Klinik Mayo. Hal ini dapat diketahui sendiri karena yang mengalami alergi hanya pada permukaan kulit yang tertutup oleh perhiasan. Jadi jika Anda menemukan hal tersebut pada Anda Sebaiknya Anda langsung melepas perhiasan tersebut sebelum bertambah parah.

Parfum
Ada sebagian orang yang tidak cocok dengan parfum jenis tertentu yang mana hal tersebut dapat menyebabkan alergi pada kulit. Terutama parfum yang mengandung zat balsam peru (Myroxylon Pereirae). Alergi ini ditandai dengan bercak merah pada kulit yang menandakan kulit terkena infeksi. Dan segera hentikan penggunaan parfum tersebut.

Bahan Antiseptic
Ada beberapa orang yang tidak cocok dengan bahan Antiseptic sehingga jika terkena bahan tersebut dapat menyababkan Alergi. Antiseptic merupakan zat yang dikenal dengan nama thimerosal yang merupakan senyawa merkuri yang sering digunakan sebagai pengawet baik pada vaksin ataupun antiseptic.

Zat pada Antibiotik
Antibiotik merupakan zat yang biasa digunakan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan. Jenis yang dipakai dapat berupa krim dan salep. Pada antibiotik tersebut biasanya terdapat zat yang disebut Neomycin sulfate yang dapat menyebabkan masalah baru seperti alergi. Jika kulit Anda merupakan kulit yang sensitif sabaiknya jangan gunakan antibiotik yang mengandung zat tersebut.

Aroma pada Makanan
Wangi pada makanan atau aroma pada makanan juga dapat menyebabkan alergi. Yang berbantuk fragrance mix, zat ini juga terdapat pada sabun, kosmetik, antiseptik dan beberapa produk lainnya yang berhubungan dengan masalah gigi dan mulut.

Pengawet cat dan kertas.
Pengaawet pada kertas juga dapat menyebabkan alergi hal ini dikarenakan mengandung zat fomaldehida yang dapat meningkatkan alergi. Yang dapat menyebabkan kulit gatal dan memerah jika terkena zat tersebut. Zat ini juga terdapat pada obat-obatan, pemberhih rumah tangga dan bahan-bahan yang terbuat dari bahan dasar kain.

Zat logam yang terdapat pada pewarna rambut
Banyak wanita yang suka mewarnai rambutnya, namun Anda harus hati-hati dalam memilih pewarna rambut karena dapat menimbulkan alergi kulit. Zat yang dapat menyebabkan alergi Adalah Cobalt chloride, yang menyebabkan kulit Anda mudah terinfeksi.

Antibiotik penyembuh luka
Antibiotik biasanya mengandung zat bacitranil yang dapat menyababkan meningkatnya terkena alergi pada kulit.

Pengawet yang digunakan pada Produk shampo
Pengawet pada shamkpo jug dapat menyababkan alergi pada kulit. Zat yang menyebabkan alergi ini adalah Quaternium 15. Pengawet ini ditambahkan agar nutrisi yang terkandung dalam shampo tersebut tidak rusak. Zat ini juga terdapat pada cat kuku, tabir surnya, cat dan juga produk yang terbuat dari lilin.

Makanan Seafood
Ini merupakan salah satu yang sering menjadi penyebab terjadinya alergi pada kulit, selain makanan seafood udang air tawar juga dapat menjadi penyebab alergi pada kulit. Alergi terhadap makanan seafood biasanya dikarenakan kondisi seafood yang berbau amis dan asin. Namun dapat juga disebabkan karena kandungan zat yang terdapat pada seafood tersebut.

Kutu debu
Merupakan debu rumahan yang sudah tercampur dengan debu dari serat kain, hewan yang kulitnya sudah mengelupas, jamur, spora, bakteri,bahan mentah makanan, kulit tanaman mati dan cendawan. Biasanya letaknya dibawah bantal guling atau di kasur. Meski tidak semua orang mengalami alergi ini, namun untuk kulit yang sangat sensitive pengaruhnya sampai 90% merusak kulit

Sari Bunga
Ada sejumlah orang yang alergi terhadap sari bunga dan pohon tertentu. Zat yang menyababkan alergi ini adalah zat allergen, orang yang dapat mengalami alergi yang dikarenankan zat ini mencampai 70% orang.

Kayu Jenis Rengas
Ada sejumlah orang yang jika mengolah kayu jenis ini akan merasa gatal-gatal. Biasanya kayu ini digunakan untuk membuat pintu, jendela dan lain sebagainya. Namun jika sudah jadi kayu ini sudah tidak menyababkan alergi.

Hewan perliharaan
Bulu dari hewan peliharaan dapat memicu timbulnya alergi. Dan biasanya pada anak sudah mengalami kelainan seperti Asma. Mereka juga alergi pada protein kulit hewan dan juga airseninya.

Jamur
Dijumpai dalam bentuk spora yang melayang terbawa angin. Karena ukuran yang sangat kecil Anda akan menyadarinya jika sudah terkena.

Cara mencegah alergi

– Temukan penyebabnya, dan hindari hal yang menyababkan alergi tersebut.
– Konsumsi makanan yang mengandung magnesium dan beta karoten.

Cara menyembuhkan Alergi

Sebenarnya belum ada obat yang dapat menyembuhkan alergi secara total, sebab alergi merupakan suatu penyakit keturunan, namun alergi masih bisa diterapi untuk mengurangi dampak dari alergi.

sumber: halosehat.com

Tags:

Penyebab Alergi Kulit dan Penyembuhannya | A32 | 4.5

Pictures of Penyebab Alergi Kulit dan Penyembuhannya

lobster 160305_960_720