Penyebab Batuk Kering dan Berdahak

On Thursday, March 24th, 2016 By

Penyebab Batuk Kering dan Berdahak – Batuk merupakan salah satu masalah kehatan yang sering terjadi yang dapat menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Batuk dapat membuat tubuh tidak terasa nyaman karena adanya tekanan yang berat pada paru-paru dan rasa sakit pada tenggorokon. Batuk merupakan reaksi tubuh untuk membersihkan zat, lendir atau benda asing yang mengganggu paru-paru. Batuk pada umumnye terbagi menjadi dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak:

• Batuk Kering: Merupakan batuk biasa yang sering terjadi karena ada sesuatu yeng mengganggu paru-paru.
• Batuk Berdahak: Merupakan batuk yang disertai lendir yang berasal dari paru-paru. Lendir dapat berasal dari beberapa zat yang masuk kedalam paru-paru.

Penyebab Batuk Kering dan Berdahak

Batuk kering meupun batuk berdahak harus segera diobbati agar tidak mengganggu lebih lama. Batuk dapat disebabkan oleh banyak hal berikut penyebab batuk kering dan batuk berdahak seperti yang dikjelaskan halosehat.com

Penyebab Batuk Kering dan Berdahak

Penyebab Batuk Kering

1. Asap Rokok
Menghirup asap rokok dapat menyebabkan batuk kering, Hal ini terjadi karena paru-paru mendapatkan zat yang tidak diinginkan dari asam rokok yang membuat paru-paru menjadi sensitif. Biasanya batuk ini tidak berlangsung lama dan tidak membutuhkan obat. Jika Anda mengalami hal ini jahui rokok dan orang sedang merokok.

2. Efek dari obat
Batuk kering dapat disebabkan oleh pemakaian obat-obatan, dan biasanya dialami oleh penderita darah tinggi yang sering mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah. Jadi untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh hal ini adalah dengan cara menghentikan pemakaian obat.

3. Alergi
Batuk kering bisa juga reaksi dari alergi terhadap debu atau partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu binatang. Alergi dapat menyababkan peradangan yang terjadi pada hidung dan mata, dan kemudian menjalar kedalam hingga ke paru-paru yang menyebabkan paru-paru menirima reaksi dan menyababkan terjadinya batuk. Batuk ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu pendek.

4. Kebiasaan
Batuk kering ini dapat terjadi karena kebiasaan yang berkaitan dengan tingkah laku, seperti gerogi, merasa tidak nyaman dengan sesuatu dan segala kondisi psikologis lainnya. Batuk ini tergolong tidak berbahanya. Karena mungkin pada saat Anda tidak nyaman dan mengalami batuk dapat membuat anda lebih tenang.

5. Stress
Orang yang memiliki tekanan berat dapat membuat seseorang menjadi stress yang dapat juga menyababkan batuk kering. Stress membuat ruang penafasan menjadi menyempit, sehingga paru-paru bereaksi berupa batuk yang dapat membuat pernafasan lebih nyaman. Batuk ini dapat sembuh sendir ketika stress sudah hilang.

6. Susu
Anak-anak yang alergi terhadap protein susu sapi juga dapat mengalami batuk kering. Batuk kering ini dapat lebih buruk apabila disertai dengan asma dan flu. Susu membuat bagian lendir pada paru-paru dan tengorokan menjadi lebih sensitif. Meskipun tidak menimbulkan batuk berdahak namuan bisa memmbuat anak-anak menjadi tidak nyaman.

7. Mangga
Bagi Anda yang sedang mengalami batuk kering sebaiknya tidak mengonsums mangga, karena dapat menyababkan produksi asam dalam tubuh menjadi meningkat, kandung asam ini dapat tertinggal pada tenggorokan yang dapat menyababkan batuk kering. Selain itu zat asam juga dapat membuat saluran pernafasan menjadi menyempit yang dapat memperparah batuk kering.

8. Gula Putih atau Gula Tepung
Terkadang ada jenis makanan atau minuman yang menggunakan gula tepung atau gula pasir. Gula dapat membuat ruang pernafasan menjadi sangat sensitif dan sulit untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi ini dapat membuat batuk lebih parah. Selain itu gula dapat menyababakan lemahnya sistem kekebalan tubuh.

9. Makanan yang digoreng
Semua jenis makanan yang digoreng dapat menyababkan batuk kering. Ini dikarenakan makanan tersebut mengandung minyak da lemak yang dapat menyababkan tenggorokan dan sistem pernafasan menjadi tidak nyaman. Pada awalnya mungkin hanya akan terasa gatal pada tenggorokan, namuan pada akhirnya dapat menyababkan terjadinya batuk kering.

10. Yogurt
Yogurt juga dapat menyababkan batuk kering, namuan hal ini akan terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh Anda sedang lemah, yogurt yang ditambahkan gula juga dapat menyababkan batuk. Batuk tidak akan dirasakan langsung namun zat pemanis dan susu dapat membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman dan kemudin terjadi batuk.

11. Jeruk
Banyak orang bilang jeruk bisa menyembuhkan batuk, namun nyatanya jeruk juga bisa menyababkan batuk kering. Ini dikarenakan jeruk mengandung zat asam yang tinggi sehingg dapat menyababkan penyempitan pada saluran pernafasan. Zat asam pada juruk juga dapat membuat tenggorokan menjadi terasa gatal.

12. Kue Kering
Kebanyak kue kering memiliki rasa manis, biasanya kue kering dinikmati dengan secangkir kopi atau teh.
Namun ternyata kue kering juga dapat memicu terjadinya batuk kering. Ini dikarenakan kue kering dapat menkan rongga pernafasan dan reaksi sensitif pada tenggorokan yang disebabkan oleh kandungan gula pada kue kering.

13. Keripik
Keripik bisanya dijadikan cemilan yang digemari banyak orang, namun jika mengonsumsinya berlebih keripik dapat menyebabkan betukkering. Tenggorokan menjadi lebif sensitif dan inilah yang dapat mengakibatkan batuk, keripik juga mengndung minyak.

14. Es Krim
Es Krim merupakan makanan yang digemari banyak orang terutama anak-anak, es krim biasanya terbuat dari gula, susu, es, perasa makanan dan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa menyababkan tenggorokan menjadi lebih sensitif. Kandungan gula dan susu pada es krim juga dapat menyababkan peradangan yang bisa menyebabkan batuk kering menjadi lebih parah.

15. Permen
Permen merupakan makanan yang disukai oleh banyak kalangan, anak-anak hingga orang dewasa. Permyen memiliki berbagai rasa dari rasa manis hingga pedas, beberapa perman dapat membuat tengorokan menjadi lebih nyaman, namun ada juga permen yang dapat membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman dan dapat menyebabkan batuk kering. Permen yang dapat memnyebabkan batuk adalah perman yang mengandung pemanis, perasa buah, pewarna makanan, aroma dan juga pengawet. Bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan tekanan pada sistem pernafasan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sehingga dapat menyababkan batuk kering.

16. Coklat
Memakan coklat berlebihan juga dapat menyababkan terjadinya batuk kering, hal ini disebabakan karena kebanyakan coklat mengandung susu dan juga gula. Yang membuat tenggorokan menjadi sensitif dan timbulah batuk kering. Jika terjadi alergi terhadap coklat juga dapat menyebabkan asma dan flu yang cukup parah.

17. Debu
Debu yang masuk kedalam saluran pernfasan juga dapat menyebabkan terjadinya batuk kering berlebihan. Hal ini juga dapat dialami oleh orang yang tidak memiliki alergi debu. Bedu memuat saluran pernafasan menjadi tidak nyaman sehinngga menyebabkan batuk.

Penyebab Batuk Berdahak

1. Gangguan Asam Lambung
Gangguna asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya batuk berdahak, batuk berdahak ini biasanya terjadi pada saat tertidur, dan penderita tiba-tiba bangun karena disebabkan oleh batuk, dan batuknya berdahak. Hal ini dapat sangat mengggannggu. Batuk terjadi yang disebabkan oleh asam lambung yang naik dan mencapai saluran esophagus sehingga menyababkan iritasi pada tenggorokan. Iriirtasi inilah yang menyebabkan adanya lendir pada sauran pernafasan dan paru-paru, yang ikut keluar pada saat batuk.

2. Asma Kronis
Bagi orang yang menderita asma kronis dapat menderita batuk berdahak yang cukup buruk. Pada saat saluran pernafasan menyempit makan penderita akan mengalami sesak nafas dan dapat menyebabkan batuk berdahak, serta dapat menyebabkan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Batuk berdahak terjadi karena banyaknya lendor pada rongga pernafasan. Pada saat lendir keluar ketika batuk maka pernafasan dapat lebih lega dan nyaman, namun juga dapat menyebabkan sesak nafas menjadi lebih buruk. Bila terjadi pada anak-anak dapat lebih parah dan membutuhkan perawatan.

3. Batuk Rejan
Batuk rejan merupakan batuk yang sangat buruk dan dapat menyebabka turunnya berat badan yang sangat drastis. Batuk rejan biasany memiliki ciri dengan suara yang cukup tajam dan terasa sakit pada tenggorokan, sulit untuk dikendalikan dan mengeluarkan lendir yang terlalu banyak. Penyakit ini dapat menular melalu udara atau dengan kontak langsung. Batuk ini memerlukan perawatan agar tidak semakin parah.

4. TBC
Batuk berdahak juga dapat diakibatkan oleh TBC. Gejalanya akan mengalami batuk berdahak terus menerus dengan waktu yang lama. Tubuh menjadi lelah batuk dapat mengeluarkan lendir bercampur dengan darah. Ini juga merupakan batuk yang dapat menular dan membutuhkan perawatan yang sangat intensif. Pemeriksaan untuk menentukan Jenis TBC perlu dilakukan untuk menentukan perawatan yang harus dilakukan. Perawatan TBC biasanya berjalan dalam 6 bulan atau lebih. Setelah sembuh penerita tidak akan batuk dan perawatan selanjutnya diperlukan untuk mengatasi kekambuhan.

5. Infeksi paru-paru
Infeksi paru-paru sering kali dapat menyebabkan batuk berdahak yang cukup parah. Dahak yang dikeluarkan akan berwarna kehijauan. Penderita akan disertai dengan demam dan tubuh yang mengeluarkan keringan berlebih pada malam hari. Infeksi paru-paru disebabkan oleh virus yang sama penyebab flu yang kemudian menyebabkan peradangan dan menyebar ke paru-paru. Peradangan ini mengakibatkan lendir dan dahak berlebih. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan perawatan dan perbanyak minum air putih.

6. Rokok
Rokok dapat mengakibatkan batuk berdahak pada perokok yang telah lama merokok. Batuk memiki ciri, dari batuk yang ringan, batuk yang terjadi bertujuan mengeluarkan udara dan lendir dari paru-paru. Batuk dapat berbahaya jika sudah disertai dengan keluarnya darah. Dan bila terjadi dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan yang kronis dan dibutuhkan perawatan yang serius.

7. Penyakit Jantung
Orang yang memiliki penyakit jantung juga bisa terkena batuk berdahak yang sangat buruk. Hal ini terjadi karena paru-paru tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan sesak nafas. Dan terkdang dapat menyebabkan penumpukan lendir pada paru-paru dan akhirnya menyebabkan batuk berdahak. Jika hal tersebut perawatan medis diperlukan untuk mengatasi penumpukan cairan dan mengikuti perkembangan denyut jantung.

8. Kanker Paru-paru
Kanker paru-paru biasanya tidak ditandai dengan gejala awal sehingga cukup sulit untuk diketahui. Kanker paru-paru akan tisertai dengan batuk terus menerus dan disertai dengan dahak, jika batuk menjadi lebih buruk, batuk dapat disertai dahak yang berdarah, tubuh lelah dan nyeri pada dada. Penyebab kanker paru-paru tertinggi adalah rokok.

9. Batuk Kronis
Batuk kering yang tidak segera mendapatkan perawatan dapat mengakibatkan terjadinya batuk berdahak.

10. Postnasal Drip
Pada saat bernafas udara akan masuk melalu hidung dan kemuadian masuk ke dalam paru-paru, sebelumnya udara akan disaring oleh bulu-bulu hidung dan lapisan bagian dalam hidung. Lapisan dalam hidung ini akan menghasilkan cairan kental, berlendir dan hangat. Jika cairan terlalu banyak maka cairan akan keluar melalu hidung, namun postnasal drip dapat menyebabkan cairan masuk kedalam tenggorokan, dan dapat menyebabkan batuk berdahak dan infeksi yang parah. Untuk mengasi hal ini diperlukan perawatan.

Tips Mengatasi Batuk Berkepanjangan

• Segera berkonsultasi pada dokter.
• Biasanya dokter akan memberikan obat ekspetoran untuk penderita batuk berdahak, yang berguna untuk mengeluarkan lendir sehingga pernafasan menjadi lebih ringan dan lega.
• Jika batuk kering dokter akan memberikan obat dextromethophan, obat ini efektif untuk batuk kering dikarenakan alergi.
• Minum teh hijau dapat membuat tubuh lebih baik.
• Madu dapat juga digunakan untuk mengatasi batuk
• Gunakan permen pelega tenggorokan
• Pada saat tidur gunakan posisi bantal yang lebih tinggi
• Jaga kelembapan udara lingkungan Anda agar tetep nyaman, Anda dapat mencoba menggunakan humidifier.

Demikianlah Penyebab Batuk Kering dan Berdahak, semoga bermanfaat. Jagalah selalu kesehatan Anda agar tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Tags:

Penyebab Batuk Kering dan Berdahak | A32 | 4.5

Pictures of Penyebab Batuk Kering dan Berdahak

thermometer 833085_960_720