Penyebab Dada Sesak Nafas

On Sunday, May 22nd, 2016 By

Penyebab Dada Sesak Nafas – Sesak nafas merupakan suatu masalah kesehatan yang dapat membuat tidak nyaman terutama pada bagian dada. Masalah ini sering disebut dengan asfiksia, yaitu ketidaknyamanan seseorang untuk melakukan pernafasaan dengan normal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan mati lemas.

Asfiksia atau sesak nafas dapat disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh. Jika hal ini berlangsung lama atau tidak segera mendapatkan pertolongan medis, dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian. Sesak nafas dapat disebabkan oleh banyak penyebab. Dan sesak nafas memiliki beberapa gejala seperti:

Penyebab Dada Sesak Nafas

Penyebab Dada Sesak Nafas

 

  • Denyut nadi menjadi cepat
  • Kejang
  • Mengalami tekanan darah tinggi
  • Terjadinya kelumpuhan
  • Mengelami koma
  • Siaonosis
  • Dapat mengalami Kematian

Adapun penyebab sesak nafas diantaranya sebagai berikut:

Tersedak
Tersedak merupakan salah satu penyebab yang paling umum terjadinya sesaka nafas, penyumbatan oleh makanan pada tenggorokan menyebabkan pasokan oksigen menjadi berkurang, dan pada akhirnya menyebabkan sesak nafas. Orang yang tesedak harus segera diberi pertolongan pertama seperti tehnik manuver heimlich. Tersedak dapat diakibatkan oleh beberapa macam seperti makan terlalu cepat, terjadi pembengkakan pada laring, Laryngo-trakenitis, emboli paru, paru-paru runtuh, tiroid tumor, difentri paru, tiroid gondok, trakeo-esofagus fistula, tumor laring, epigotitis.

Kerecunan Karbon Monoksida (CO)
Karbon monoksida merupakan salah satu gas yang dapat menyebabkan sesak nafas jika terhirup oleh saluran pernafasan kita, CO tidak memiliki warna, tidak memiliki bau dan gas ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna. Gas CO dapat ditemukan pada pembuaang kendaraan bermotor, kompor, sistem pemanas yang rusak dan lainnya. Gas ini mengganggi darah dalam memasok oksiigen keseluruh tubuh yang mengakibatkan sakit kepala, mual, kejang, sesak nafasa dan dapat menyebabakan kematian.

Tenggelam
Tenggelam dapat menyebabkan paru-paru terisi oleh cairan yang menyebabkan terhambatnya pasokan oksigen dan dapat mengakibatkan kematian mandadak.

Tercekik
Asfiksia dapat terjadi karane tercekik atau cekikan, cekikan dapat mengakibatkan dada menjadi sesak nafas dan menghambat pasokan O2 pada tubuh serta kompresi saluran nafas, sehingga sering kali menimbukkan kematian.

Difteri
Ini merupakan infeksi saluran pernafan yang disebabkan oleh bakteri atau pun racun, ganggunan ini biasanya mempengaruhi amandel, tenggorokan, hidung ataupun kulit, Adapun beberapa gejala gangguana ini antara lain: demam ringan, sakit tenggorokan, denyut nadi meningkat, maupun timbulnya amandel.

Asma
Asma merupakan penyakit yang kronis pada paru-paru yang ditandai dengan sulitnya untuk bernafas. Gangguan ini dapat terjadi pada siapapun dan usia berapapun, Menurut The National Heart Lung and Blood Institute Amerika Serikat menyatakan bawaha lebih dari 6 juta anak-anak dan 22 juta orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kondisi asma. Asma biasanya disebabkan oleh Alergi dan sebagian orang yang memiliki Asma memiliki Alergi.

Orang yang berisio terhadap asma adalah anak-anak yang sering mengalami pilek atau infeksi saluran pernafasaan lainnya.

Croup
Ini merupakan salah satu infeksi saluran pernafasan yang dapat menyebabkan dadak sesak nafas dengan ditandai dengan batuk. Tingkat keparahan Croup sulit unutk diketahui, Masalah ini ditandai dengan batuk, demam, mengeluarkan suara saat bernafas, dan sulit untuk bernafas.

Infeksi Luka
Infeksi luka dapat membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Ini dapat ditandai dengan adanya nanah yang mengalir pada luka, peningkatan ukuran luka, pembentukan benjolan pada luka, timbulnya kerak kuning pada luka, ruma pada luka meningkat, rasa sakit dan nyeri meningkat, melepuh, demam, mebesarnya kelenjar getah bening, dan pembengkakan pada luka.

Gagal jantung.
Gagal jantung atau gagal jantung kongestif, merupakan kondisi yang sangat serius dimana otot jantung telah mengalami kerusakan, meskipun jantung masih dapat berdenyut namun denyutnya sangat lemah dalam memompda darah keseluruh tubuh. Gagal jantung merupakan komplikasi dari yang umum pada serangan jantung maupun jenis lain dari penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular yang merusak otot jantung seperti hipertensi, aritmia, gangguan katup jantung, dan kardiomiopati. Gagal jantung juga dapat menyebabkan anemia.

Turunnya Paru-paru (Paru-paru Runtuh)
Ini merupakan dimana seluruh atau sebagian dari paru-paru runtuh atau terhempas karena ruang antara paru-paru dan rongga dada terisi oleh udara. Hal ini dapat terjadi jika ada cedera pada dinding dada atau kebocoran pada paru-paru. Kondisi ini dapat mengganggu pasokan oksigen secara normal dari paru-paru ke aliran darah. Kondisi ini dikenal dengan pneumotoraks.

Demikianlah Penyebab Dada Sesak Nafas, sesak pada dada dapat menjadi tanda terjadinya kekurangan pasokan Oksigen pada otak, sesak pada dada sering dialami pada bayi yang baru lahir. Dan umumnya hanya pada kasus yang parah dapat menyebabkan kematian.

Tags:

Penyebab Dada Sesak Nafas | A32 | 4.5

Pictures of Penyebab Dada Sesak Nafas