Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

On Thursday, August 25th, 2016 By

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang – Sakit Kepala atau dalam medis dikenal dengan sebutan cephalagia  ini merupakan kondisi dimana menyebabkan sakit kepala sebelah, maupun sakit kepala secara menyeluruh atau hanya pada bagian belakang. Sakit kepala dapat disebablkan banyak faktor diantaranya asap rokok, kuranh istirahat, infeksi pada telinga, telat makan hingga masalah kehidupan yang sering terjadi pun dapat menjadi faktor penyebab terjadinya sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit kepala harus segera diatasi karena hal ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari karena rasa sakit yang dirasa membuat menderita. Berikut adalah cara mengatasi sakit kepala bagian belakang seperti yang dilansir dari disehat.com

Pijat

Pijat dapat dilalukan untuk mengatasi sakit kepala pada bagian belakang. Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Salwa H, Hanna, MD seorang pemilik dan direktur medis dari Headache Clinic of Denver menyatakan bahwa sakit kepala dapat diatasi dengan melakukan pijat. Pijatan akan memberi sensasi yang dapat mengurangi rasa sakit kepala.

Aerobik

Aerobik juga dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala. Menurut National Pain Foundation latihan aerobik seperti jalan kaki, besepeda dan berenang dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala. Bukan hanya itu. dari sebuah penelitan  yang dipublikasikan pada jurnal Headache mengemukakan orang yang rajin latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat membantu dalam mangetasi sakit kepala.

Mengonsumsi Kari

Kari juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang, kedengarannya cukup aneh namun dalam sebuah penelitian yang dilakukan Rowerr Research Institute di Skotlandia menyatakan bahwa rempah-rempah yang terkandung dalam kari memiliki khasiat untuk meredakan rasa nyeri dan juga mengatasi sakit kepala.

Peregangan

Peregangan dapat membatu untuk merilekskan otot, karena salah satu penyebab sakit kepala adala tegangnya otot kepala. Oleh sebab itu istirahat yang cukup dan rutin melakukan peregangan dapat membantu mengatasi sakit kepala. Caranya pun sangat mudah hanya denan menggeraka bahu leher secara isometrik selama kurang lebih 20 menit.

Terapi Panas Dingin

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang adalah dengan cara melakukan terapa panas dingin. Caranya tempelkan es batu pada daerah pelipis lalu pada bagian belakang kepala dan leher. Menurut dokter yang bekerja di Michigan Headache Clinic, Edmund Missina, MD menyatakan saat sakit kepala dura (lapisan otak) akan meradang. Untuk itu Anda harus menurunkan suhu pembuluh darah. Hal ini dinyakino dapat meredakan rasa sakit yang dirasakan.

Minum Air putih

Salah satu penyebab sakit kepala adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu untuk mengatasi sakit kepala Anda dapat memperbanyak mengonsumsi air putih.

Biji Alpukat

Selain buahnya yang enak dan kaya akan manfaat, bijinya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala pada bagian belakang. Cara untuk membuat ramuan dari biji alpukat sebagia berikut:

  • Sediakan 2 biji alpukat
  • Parut kedunya
  • Campurkan dengan sedikit air
  • Temelkan parutan biji alpukan pada dahi
  • Tunggu sampai 1 jam.

Mengonsumsi Kentang

Kentang juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Karena salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah kekurangan asupan kalium dan kentang merupakan makanan yang kaya akan kelium. Masak kentang dengan cara direbus atau dibakar, mengonsumsi kentang dengan kulitnya akan lebih bermanfaat untuk tubuh ketimbang mengupasnya.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint

Makanan atau mimunan yang mengandung mint dapat juga digunakan untuk mengobati sakit kepala. Oleh karena itu jika Anda sedang mengalami sakit kepala Anda dapat mengobati dengan mengonsumsi makanan yang mengandung mint, seperti peppermint ataupun permen mint.

Menggunakan biji wijen

Biji wijen juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Hal ini karenakan biji wijen kaya akana Vitamin E yang dimana vitamin E berguna untuk menstabilkan  esterogen dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya migrain atau pun sakit kepala pada bagian belakang. Selain itu mengonsumsi minyak zaitun, gandung utuh, kentang manis, kacang-kacangan juga kaya akan magnesium yang sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepalaa

Nah demikianlah Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang. Jika sakit kepala tak kunjung sembuh dan bertambah parah sebaiknya segera berkonsultasi pada ahlinya.

Tags: ,

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang | A32 | 4.5

Pictures of Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

despair 513530_960_720