14 Manfaat Buah Pinang

On Thursday, December 29th, 2016 By

Manfaat Buah Pinang – Buah pinang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Selain itu buah pingan juga bisa memberi manfaat pada ibu hamil. Pinang merupakan jenis tumbuhan palma yang dapat tumbuh tinggi hingga 25m, berbentuk langsing lurus keatas. dan biasanya dijadikan untuk perlombaan panjat pinang pada hari kemerdekaan.

Manfaat Buah Pinang

Daunnya mirip dengan pohon kelapa namun mempuanyai tangkai daun yang lebih pendek dari pada kelapa dan. Buang pinang berbentuk kecil kecil. dan banyak ditemuan di daerah yang memiliki iklain tropis.

Selain itu buah pinang sendiri adalah sebagai salah satu bahan untuk membuat sirih, manfaat pinang ini sudah dikenal sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita. Melihat fungsi-fungsinya tersebut apakah pinang punya manfaat bagi kesehatan tentu ada karena di dalam buah pinang terdapat senyawa yang bernama arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine dan lainnya berikut adalah berbagai manfaat buah pinang:

Mancegah Pendarahan Berlebih

Buah pingan muda memiliki manfaat untuk mengatasi pendarahan, seperti mimisan, luka dan lain sebagainya. caranya menggunakannya yaitu dengan cara direbus dan diminum secara teratur.

Mengatasi Sakit Pinggang

Bukan hanya buahnya daun pinang juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. caranya tumbuk beberapa helai daun pinang (tumbuk kasar). Lalu dipanaskan dengan cara disangrai (bungkus dulu dengan daun pisang). Setelah itu kompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan hal ini sebelum tidur secara teratur.

Mengobati Kudis

Buah pingan juga memiliki manfaat untuk mengobati kudis, caranya:

  • Sediakan 1 buah pinang muda.
  • Lalu parus pinang tersebut.
  • Ambil 1/4 sdt dan campurkan denagn 2 gelas air.
  • Aduk hingga rata. dan
  • Kemudiuan oleskan pada bagian yang sakit.

Mengobati Difteri

Untuk mengobati difteri dengan buah pinang berikut caranya

  • Ambil 2 buah pinang muda dan memarkan.
  • Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, hingga tersisa 1 gelas saja.
  • Tambahakan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata.
  • Minum ramuan ini secara  teratur 1 kali sehari.

Menatasi Mulut Kering

Orang yang sering menyirih akan memiliki mulut yang tidak pernah kering, hal ini disebabkan kelenjar ludah akan berkerja terus menerus. Selain itu ludah yang dihasilkan juga dapat mencegah disentei dan sindrom sjogren.

Membuat kuat gigi dan gusi

Buang pinang juga dapat membuat gigi dan gusi menjadi lebih kuat, caranya iris menjadi beberapa bagain buah pinang lalau dikunyah, biasanya dicampur dengan daun sirih.

Obat cacing

Untuk menjadikan buah pinang sebagai obat cacing, terlebih dahulu siapkan 1/4 buah pinang, setenga jari temulawak dan kunyit setengah jari. Rebus semua bahan ini dengan 2 gelas air sampai tersisa  1 gelas, dinginkan dan saring. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi caciangan pada perternakan ayam.

Mengobati kulit yang luka

Ambil daging buah pinang yang masih muda dan kemudian tumbuk  sampai halus, tempelkan tumbujan tersebut pada luka. lakukan secara bertahap sehingga luka menjadi cepet sembuh.

Rabun mata

Menguyah buah pingan dan menelan airnya juga dapat mengatasi rabun pada mata.

Mengencangkan Vagina

Menurut Dian Gantini yang merupakan herbalife mengatakan bahwa buah yang memiliki rasa sepat agak asam sangat baik untuk pemulihan vagian setelah proses melahirkan. Cara memasaknya juga termasuk mudah, yaitu hanyak dengan merebus buah pinang, dinginkan dan saring dan dinginkan. minum ramuan ini secara teratur setelah melahirkan.

Khasiat Buah Pinang Untuk Kejantanan

Selain mengencangkan vagina buah pinang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan vitalitas pria. Selain itu dapat menstimulasi hormon untuk meningkatkan gairah karana buah pinang memiliki senyawa yang dapat meningkatkan kinerja jantung. Namun harus di cermati menkonsumsi pinang harus di batasi karena berbahaya bagi tubuh jika terlalu berlebihan. Carnya siapkan satu buah pingan yang masih muda dan belum terlalu tua, potong-potong kecil-kecil kemudian kuyah dan telan. cara lainnya yaitu dengan cara merebusnya.

Menghilankan Jerawat pada wajah

Buah pingan juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerwat pada wajah. caranya siapkan beberapa buah pingan muda. cuci bersih dan pisahkan antara daging dan bijinya. Haluskan dan oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. lalu bersihkan  dengan air dinggin hingga bersih.

Menghaluskan kulit wajah

Potong-potong buah pinang menajdi beberapa bagian dan jemur hingga kering, setelah itu haluskan  dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender. tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai masker wajah. tunggu selama 30 menit dan bersihkan. lakukan perwatan ini 2 hari sekali. dalam beberapa hari akan tampak hasilnya.

Menghilangkan Tanda Penuaan Dini.

Untuk menghilangkan tanda penuan dini dengan buah pingan caranya sama dengan carara menghaluskan kulit wajah.

 

Tags: , ,

14 Manfaat Buah Pinang | A32 | 4.5

Pictures of 14 Manfaat Buah Pinang

areca nut 241989_1280