18 Manfaat Buah Delima

On Wednesday, January 4th, 2017 By

Manfaat Buah Delima – Buah delima merupakan buah yang memiliki nama latin Punica granatum, buah delima juga dijuluki dengan sebutan “super fruit” oleh para peneliti. Nama buah delima berasal dari bahasa Prancis “pomagranate”. Buah delima merupakan buah yang berasal dari Negara Iran dan dibawa ke Mesir pada tahun 1600 SM. pada saat itu buah delima merupakan sumber makanan yang penting dan juga banyak digunakan sebagai obat. Ini dapat diketahui dari berbagai macam peninggalan masyarakat mesir yang berupa lukisan dan juga makam. Pada masa itu juga buah delima juga dianggap sebagai lambang kesuburan dalam beberapa kebudayaan. Buah delima merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat buah delima untuk kesehatan.

Manfaat Buah Delim

Untuk Kesehatan Jantung

Jus Buah delima bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan Punicalaginya dapat menjaga arteri tetap fleksibel dan juga mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Dengan begitu resiko aterosklerosis dapat berkurang, yang merupakan penyebab utama sakit jantung. Zat yang terkandung dalam buah delima juga memiliki peran dalam menjaga agar arteri tidak tersumbat sehingga memperlancar peredaran darah menuju otak dan juga jantung, dengan kata lain buah delima merupakan buah yang memiliki efek antiaterogenik pada jantung. Buah delima merah juga memiliki peran dalam menaikan lemak baik atau HDL dan menurunkan kadar lemak jahat atau LDL.

Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Tidak seperti buah lainnya, walaupun buah delima juga mengandung fruktosa, namun tidak akan menaikan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang telah dilakukan pada pasian diabetes yang minum jus buah delima 2 kali dalam seminggu.

Menjaga Takanan Darah

Buah delima juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan juga mengurangi peradangan pda pembuluh darah dapa pasien penyakit jantung. Serta menjaga darah dari penggumpalan dan juga dari proses koagulasi.

Perlindungan Terhadap Kanker

Manfaat buah delima yang lain adalah sebagai penangkal radikal bebas. Zat yang terkandung dalam buah delima mampu menghilangkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh  dan juga akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyakit lainnya. Kandungan antioksidan dalam buah delima yang tinggi juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih sehingga dapat membantu dalam menetralkan racun dalam tubuh, dengan begitu kekebalan tubuh menjadi meningkat. Dengan rutin mengonsumsi buah delima merah juga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Selain itu juga dapat memblokir aromatase ezim yang mengubah androgen menjadi esterogen. yaitu hormon yang berperan penting dapam pertumbuhan sel kanker.

Menenangkan Perut

Buah delima juga memiliki manfaat sebagai obat diare dan disentri karena memiliki peran penting dalam proses pencernaan. Campurkan 1 sendok tah madu dengan jus buah delima mampu mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Sifat antibakteri pada buah delima dan juga antimikrobanya dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal dari berbagai macam penyakit. Anti-mikroba dalam buah delima membantu melawan virus dan juga bakteri. Buah deliam juga memiliki manfaat dalam melawan mikroba dalam mulut, yang menyebabkan gigi berlubang dan infeksi staph. Sifat anti-mikroba pada delima merah juga dapat mengurangi penularan HIV.

Mencegah Anemia

Penyakit Anemi dapat dicegah dengan mengonsumsi buah delima, Buah deliam merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan zat besinya yang dapat merupakan zat yang berperan dalam memproduksi sel darah merah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah delima merah juga memiliki manfaat unutk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat dalam buah delima cukup tinggi sehingga  dapat membuat pencernaan lebih sehat dan mengatur gerakan usus. Buah deliam juga tidak memiliki lemak jenuh dan juga kolesterol sehingga sangat dianjurkan untuk menu diet terutama untuk menurunkan berat badan.

Regenerasi Tulang Rawan

Buah delima memiliki zat yang mampu menghabat enzim yang dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan. Oleh karena itu buah deliam sangat dianjurkan untuk mereka yang menderita penyakit osteoarthritis, ini merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan kerusakan tulang rawan pada persendian.

Manfaat Buah Delima bagi Ibu Hamil

Buah delima juga sangat baik untuk ibu hamil. Buah delima kaya akan vitamin dan juga mineral termasuk asam folat yang merupakan eleman penting dalam diet parental. Anti-inflamasi dalam buah delima juga memastikan aliran darah tetap sehat sehingga perkembangan janin terjaga. Kandungan kaliumnya juga dapat mencegah terjadinya kram yang pada umumnya dialami oleh ibu hamil. Mengonsumsi buah delima secara teratur juga dapat mengurangi kalahiran bayi yang prematur.

Anti Penuaan Dini

Dengan mengonsumsi buah deliam secara rutin akan memperlambat terjadinya penuaan dini, yaitu akan berkurangnya garis-garis halus dan juga keriput pada wajah yang disebabakn oleh paparan sinar matahari. Buah delima juag akan membantu mempertahankan dari regenerasi sel kulit dan mencegah pigmentasi hiper dan mencegah munculnya bintik hitam pada kulit.

Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Buah delima memiliki manfaat yang luar biasa pada jenis kulit kering. Struktur molekul yang kecil dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberi kelembapan yang cukup pada kulit. Oleh karena itu buah delima merupakan buah yang baik untuk kulit kering dan iritasi. Selain itu buah delima juga baik untuk kulit wajah yang berminyak dan juga berjerawat.

Membantu Proses Penyembuhan Luka.

Buah delima juga memiliki manfaat untuk membantu dalam proses penyembuhan luka dengan meregenerasi sel-sel kulit pada lapisan epidermal dan dermal kulit, sehingga dapat membuat luka menjadi cepat sembuh. Selain itu buah delima juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Mempercepat penyembuhan luka bakar dan juga menyembuhkan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari konstan.

Meningkatkan Tekstur Kulit.

Buah delima merah memiliki kemampuan yang luar biasa, yaitu dapat memperpanjang umur fibroblas yang memiliki tangung jawab terhadap kolagen dan elastin yang dapat mengencangkan kulit serta memcegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah. Dengan meminum 1 gelas jus buah delima dalam sehari juga akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Membuat Kulit Wajah Bercahaya

Buah delima juag memiliki kemampuan untuk membaut kulit menjadi bercahaya.

Mencegah Kanker Kulit

Buah delima memiliki kandungan nthocyanin dan tanin terhidrolisa yang memiliki penran sebagai antioksidan dan antibakteri. Jika diterapkan langsung pada kulit asam ellagic, antioksidan polifenol yang terdapat dalam buah delima dapat memcegah pertumbuhan sel kanker kulit.

Mencegah Rambut Rontok

Buah Delima Juga memiliki manfaat dalam mencegah kerontokan pada rambut. Zat yang terkandung dalam buah delima akan memperkuat folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Manfaat Lain

Dengan memenuhi asupan buah deliam adapat membatasi timbulnya masalah neurologis seperti penyakit Alzheimer, melarutkan batu ginjal dan menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria. Menjernihkan suara yang serak dan menghindarkan tenggorokan kering. membunuh cacing, anti-diare, menghambat pertumbuhan typhoid, mengendalikan penyebaran virus herpes simpleks, dan virus polio.

Demikianlah Manfaat Buah delima untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

 

Sumber: bacailmu.com

Tags:

18 Manfaat Buah Delima | A32 | 4.5

Pictures of 18 Manfaat Buah Delima

pomegranate open 196800_1280