Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

On Tuesday, January 31st, 2017 By

Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan – Buah lontar merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah dengan iklil tropis seperti Indonesia, Malaysia dan negara lain yang memiliki iklim tropis. Biasanya buah lontar banyak dijajakan pada saat bulan puasa dipinggir jalan. Daging buah lontar mirip dengan kolang kaling. Buah lontar  juga disebut dengan siwalan, buah yang sudah matang memiliki warna hitam keunguan.

Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

By Marco Schmidt [1] – Karya sendiri, CC BY-SA 2.5, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1483798

Buah Lontar memiliki rasa manis dan sering dijadikan sebagai campuran es atau dijadikan makanan olahan lainnya seperti kue, selai dan lain sebagainya. Buah lontar kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa zat yang terkandung didalam buah lontar antaralain adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Seng, Kalsium, Serat, Kalium, protein dan Juga karbohidrat. Bukan hanya buahnya saja yang dapat memberi manfaat untuk kesehatan namun akar, nira dan bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut Manfaat buah lontar bagi kesehatan.

Sebagai Isotonik

Buah lontar memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan mirip dengan cairan yang ada dalam tubuh. Sehingga buah lontar dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan juga dapat diatasi dengan mengonsusi buah lontar misalanya seperti sembelit atau masalah lainnya. Hal ini dikarenakan buah lontar kaya akan serat dan buakan hanyak buahnya saja nira dari pohon lontar juga memilik manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan.

Menyejukan Tubuh

Pada saat cuaca sedang panas menikmati buah lotar akan dapat membuat tubuh menjadi segar. Tekstur yang kenyal seperti gel dan rasa manis dingin membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Pada sebauh penelitian yang diterbitkan pada jurnal “Pakistan Journal Pharmaceutical Sciences” menyatakan ekstrak buah lontar dapat digunakan untuk mengendalikan gula darah.

Sebagai Antibiotik

Antibiotik merupakan zat yang dapat digunakan untuk melawan bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan. Pada nira pohon lontar diyakini mengandung enzim yang dapat berperan sebagai antibiotik.

Mengatasi Stres

Stres merupakan suatu kondisi yang dapat muncul pada saat beban fikiran terlalu berat atau banyak masalah. Tahukan Anda jika buah lontar dapat membantu mengatasi stres?. Ya memang benar buah lontar dapat membuat tubuh menajdi lebih tenang dan sejuk. Buah lonrar mengandung Vitamin C, dan dalam sebuah penelitian vitamin C dapat meningkatkan mood pasien rawat inap dirumah sakit.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh untuk itu kita harus menjaganya agar tetap sehat sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat. Buah lontara mengandung fosfor sehingga mengonsumsi buah lontar dapat memberi efek yang positif pada ginjal.

Obat penyakit kulit atau Dermatitis

Penyakit kulit bukan hanya akan menggangu dari apa yang dirasa, namun juga dapat orang yang mendiritanya menjadi kurang percaya diri. Meskipun belum banyak penelitian manfaat buah lontar, namun buah lontar yang sudah tua dinyakini dapat mengatasi beberapa penyakit kulit.

Sumber Energi

Energi merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja secara manksimal. Gula merupakan salah satu sumber energi untuk tubuh, buah lontar mengandung sukrosa dan glukosa yang dapat menjadi sumber energi.

Sebagai Antioksidan

Buah lontar mengandung Vitain C yang dapat berperan sebagai Antioksidan, sehingga tubuh dapat terlindungi dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan Vitamin B1-nya juga dapat berberan untuk menjaga sel-sel dalam tubuh dari karusakan yang diebabkan bertambahnya usia.

Demikianlah Manfaat buah lontar untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

 

Sumber: bacailmu.com

Tags:

Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan | A32 | 4.5

Pictures of Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

640px Borassus_ake assii_MS_1315