12 Manfaat Sayur Asparagus Yang Menakjubkan

On Thursday, February 23rd, 2017 By

Manfaat Sayur Asparagus – Pada zaman dahulu kala orang Eropa mengenal tanaman asparagus sebagai obat untuk meningkatkan vitalitas dan juga sebagai mood booster. Asparagus masih satu famili dengan lili.

Manfaat Sayur Asparagus

Asparagus merupakan sayuran yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli nutrisi dari San Diego bernama Laura Flores. Asparagus mengandung Vitamin C, Vitamin B, Antioksidan, antiinflamasi dan lain sebagainya.

Asparagus memiliki rasa yang enak dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berikut manfaat sayur asparagus

Menjaga Aliran Darah Agar Tetap Normal

Mengonsumsi asparagus dapat membantu meningkatkan kinerja jantung dan juga aliran darah. Asparagu memiliki zat yang dapat meningkatkan kinerja jantung sehingga aliran darah menjadi normal. Zat tersebut adalah Vitamin K.

Menurut Resiko Penyakit Jantung

Asparagus mengandung Vitamin B, yang dimana Vitamin B merupakan zat yang dapat membantu mengurangi rasiko serangan jantung. Vitamin B berperan mengatur kadar asam amino homocysteine dalam darah.

Mengatur Kadar Gula Darah

Mengonsumsi asparaus dapat membantu dalam mengntrol gula darah dalam tubuh, jadi jika Anda merupakan orang yang memiliki masalah dengan gula darah mengonsumsi asparagus merupakan pilihan tepat.

Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Asparagus mengandung zat antiinflamasi dan juga antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya serangan diabetes tipe 2.

Dalan sebuah jurnal British Journal of Nutrion menyebutkan asparagus memiliki kemampuan untuk membantu mengelurkan insulir sehingga kinerja sel bera dalam tubuh terbantu, dan selanjutnya akan menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Mencegah Penuaan Dini

Asam folat merupakan salah satu zat yang terkandung dalam asparagus. Asam folat memiliki peran yang dapat membantu menghambat proses penuan dalam tubuh, misalnya membantu melambatkan proses penurunan fungsi kognitif.

Selain itu juga asam folat memiliki manfaat untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan resposif, pada kondisi mental orang yang sudah tua.

Menyehatkan Kulit

Asparagus juga mengandung Antioksidan glutathione. Zat ini memiliki manfaat dalam menghambat prosesn penuaan yang terjadi pada kulit seperti munculnya flek hitam dan kerutan pada kulit.

Selain itu zat ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari atau polusi.

Baca Juga:

Mencegah Batu Ginjal

Rutin mengonsumsi sayur asparagus dapat membantu dalam mencegah terjadinya penyakit batu ginjal, hal ini telah dibuktikan melaluli penelitian yang dilakukan pada tahun 2010.

Asparagus memiliki zat yang bersifat diuretik alami yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan cairan dan garam berlebih. Sehingga Asparagus sangat cocok unutk penderita edama dan juga penderita hipertensi.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Asparagus mengandung folat, dimana telah diketahui folat merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Folat akan membuat janin lebi sehat dan juga membantu pertumbuhannya.

Manfaat Asparagus Untuk Bayi

Seperti yang telah dijelaskan diatas asparagus merupakan salah satu sayuran yang mengandung folat, sehingga sangat bermanfaat unutk bayi yang akan mencegah bayi lahir cacat saraf.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut Laura Flores seorang pakar nutrisi dari San Diego, asparagus dapat membantu menstabilkan proses pencernaan. Hal ini disebabkan asparagus mengandung protein dan juga serat.

Mencegah Kanker

Antioksidan memiliki peran juga dalam mencegah terserangnya kanker, dengan cara menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Mengurangi Resiko Kanker Usus

Menurut Penelitian yang dilakukan di Universitas Ohio, asparagus mengandung banyak inulin yang merupakan jenis serat yang unik yang dapat menbantu melancarkan pencernaan.

Inulin ini juga merupakan prebiotik yang dapat membunuh bakteri dalam usus, membantu dalam penyerapan nutrisi, mengurangi alergi dan jug mencegah terjadinya kenker pada usus.

Sumber: manfaat.co.id

Tags:

12 Manfaat Sayur Asparagus Yang Menakjubkan | A32 | 4.5

Pictures of 12 Manfaat Sayur Asparagus Yang Menakjubkan

asparagus 1307604_1280