Manfaat Sayur Toge

On Wednesday, February 22nd, 2017 By

Manfaat Sayur Toge – Toge atau Tauge, taoge, kecambah, cambah dan takol. Toge merupakan sayuran yang mengandung senyawa fitokimia. Mengonsumsi toge dalam keadaan mentah akan lebih terasa manfaatnya dari pada mengonsumsinya setelah dimasak.

Manfaat Sayur Toge

Mengonsumsi toge dalam keadaan mentah zat muda dalam toge akan tetap utuh, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara mencampurkan kedalam sup, bakso atau pun masakan lain, namun toge tetap dalam keadaan mentah.

Toge dikenal sebagai sayur yang kaya akan Oksigen sehingga dapat memperlancar aliran darah, membunuh bakteri, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat sayur toge.

Manfaat Toge Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Dalam prosennya 90% rantai olisakarida yang terdapat pada kacang hijau diubah menjadi karbohidrat sederhana, sehingga zat tersebut mudah untuk diserap tubuh tanpa menghasilkan gas. Toge kaya akan serat dan juga air sehingga dapat memperlancar pencernaan sehingga usus lebih bersih dari kotoran. Dengan begitu zat-zat beracun dalam tubuh dibuang dengan cepat dan tidak diserap tubuh.

Selain itu juga hal ini akan membantu dalam mencegah penumpukan zat beracun dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenker.

Mencegah Serangan Jantung

Toge mengandung saponin yang dipercanya dapat membantu dalam menghancurkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Mencegah Osteoporosis

Toge mengandung esterogen alami yang memiliki sifat dan fungsi yang sama dengan esterogen sintesis namun tanpa efek samping. Esterogen merupakan zat yang dapat membentu memperkuat tulang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Toge merupakan sayuran yang kaya akan saponin. Zat ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami terutama limfosit T-sel dan interrferon.

Selain itu kandungan antioksidannya yang tinggi dalam melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan juag dari pengaruh radikal bebas.

Melancarkan Sistem Perncernaan

Mengonsumsi toge dapat membantu dalam menjaga tingkat asam lambung dan juga melancarlan pencernaan. Hal ini disebabkan toge memiliki sifat basa

Selain itu kandungan seratnya juga dapat meningkatkan kotraksi pada organ usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Toge meruapkan sayur yang nyaris tidak mengandung lemak, yang menjadikan toge sebagai sayuran yang dapat dijadikan menu diet untuk menurunkan bedat badan.

Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Bagi wanita yang mengalami gangguan mentruasi dianjurkan untuk mengonsumsi toge untuk mengatasi keluhan yang dialami.

Selain itu mengonsumsi toge juga dapat membantu mengatasi ganngguan yangb dirasakan pada pra menopause.

Ini dikarenakan toge mengandung antioksidan dan Vitamin E yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah dan menetralisir faktor pendukung terjadinya penyakit.

Manfaat Sayur Toge Untuk Kesuburan

Banyak masyarakat percanya mengonsumsi toge dapat membantu meningkatkan kesuburan, dan membantu menungkatkan kualitas sperma pada pria.

Manfaat Toge Untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan toge jug memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Misalnya

Toge mengandung Vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu peremajaan kulit dan manjaga agar kulit tetap halus.

Mengatasi jerawat dan juga dapat digunakan untuk mengobati eksim, karena toge mengandung omega 3.

Toge juga memiliki manfaat dalam mencegah penuaan dini dengan melindung i tubuh dari pengaruh radikal bebas. Vitamin C-nya juga dapat membantu dalam memproduksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebuh halus dan elastis.

Toge juga memgandung Vitamin B yang dapat menjadikan kulit menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi jus toge 1 gelas sehari kulit menjadi terhidrasi dengan baik sehingga kelembapan kulit terjaga.

Antioksidan juga memiliki manfaat dalam mencegah munculnya rambut beruban lebih awal. Selain mencegah rambut beruban toge juga mambuat rambut menjadi lebih kuat dan juga mencegah datangnya ketombe yang dicegah oleh zat selenium.

Sumber: manfaat.co.id

 

Tags:

Manfaat Sayur Toge | A32 | 4.5

Pictures of Manfaat Sayur Toge

soybean 933026_1280